Edisi Umum

Biro Jasa: Antara Butuh dan Kebutuhan

GOSTAGE.com – Bulan ini adalah tepat satu tahun kendaraan roda dua saya beroperasi. Itu berarti di bulan ini dia berulang tahun yang pertama. Sebagai kadonya, saya bersiap membayarkan pajak sekaligus memperpanjang STNK-nya supaya dia merasa aman menemani aktivitas keseharian saya. Sebenarnya jatuh temponya pada akhir bulan, namun membayar lebih awal tidak ada salahnya, itu pemikiran saya.

Karena ini pengalaman kali pertama, saya mencoba bertanya ke teman kantor dan juga searching melalui internet bagaimana prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor, khususnya untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya. Kebetulan motor saya ber-plat “B” tapi ber-administrasi Kabupaten Tangerang. Ternyata untuk wilayah Tangerang pembayaran pajaknya melalui Kantor Samsat di Bumi Serpong Damai (BSD). Wah, kalau harus mengurus sendiri, minimal harus meluangkan waktu satu hari, mengingat tempat tinggal saya di Cibubur.

Karena motor saya ber-plat “B” atas saran teman, saya putuskan untuk mencoba membayar melalui mobil pelayanan pembayaran STNK keliling yang berada di sekitar wilayah tempat kerja saya, Jakarta Timur. Saya meminta bantuan teman kantor. Dokumen STNK, KTP dan BPKP asli dan fotokopinya saya titipkan, tentu tidak lupa dengan uangnya. Pukul setengah sembilan pagi dia berangkat dari kantor menuju mobil pelayanan pembayaran STNK di sekitar Kalibata. Pukul sebelas siang dia telepon saya, ternyata harus bayar ke Samsat BSD. Kemudian dia menawarkan untuk meminta bantuan biro jasa yang menjadi langganan orang-orang kantor. Dengan pertimbangan waktu, akhirnya saya setuju dengan sarannya.

Pukul setengah tujuh malam orang dari biro jasa datang ke kantor. Tanpa panjang lebar saya pun langsung kepada pokok persoalan.

Biaya PKB seratus lima puluh empat ribu lima ratus rupiah

Biaya SWDKLJJ tiga puluh lima ribu rupiah

Biaya beli map di kantor samsat sepuluh ribu rupiah (ini angka dari orang biro jasa)

Total pokok pajak yang harus dibayar adalah seratus sembilan puluh sembilan ribu lima ratus rupiah

Ongkos dari layanan jasa yang dikeluarkan adalah lima puluh ribu rupiah

Setelah dibulatkan total keseluruhan adalah dua ratus lima puluh ribu rupiah

Itulah biaya yang harus saya keluarkan untuk membayar pajak (perpanjangan STNK) melalui biro jasa. Kembali ke masalah upah, mahalkah upah sebesar itu? Jawabannya ternyata tidak. Setelah saya hitung kembali besarannya tidak berbeda banyak seandainya saya yang pergi sendiri mengurus. Bedanya adalah saya harus meminta ijin atau bolos satu hari penuh ditambah kondisi badan yang sudah dibayangkan akan mengalami kelelahan, mengingat jarak tempuh dari Cibubur ke Kantor Samsat BSD saya perkirakan sekitar dua setengah jam perjalanan dengan mengendarai sepeda motor.

Artinya, keberadaan biro jasa menjadi dibutuhkan. Bahkan mungkin untuk beberapa orang tingkat ketergantungan dengan biro jasa sangat tinggi sehingga meralih menjadi sebuah kebutuhan yang saling menguntungkan. Saya ambil contoh teman sekantor, beliau lebih senang menggunakan biro jasa dalam urusan membayar administrasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat, alasannya dari sisi waktu dan tenaga lebih efisien.

Saya tentunya tidak serta merta meng-aminkan bahwa pengurusan administrasi kendaraan melalui biro jasa akan lebih gampang dan efisien. Namun dalam kasus saya, ternyata memang demikian adanya.

Terlepas dari itu semua, bagi saya sendiri proses ini belum menjadi sebuah kebutuhan. Saya tetap berkeinginan untuk mencicipi bagaimana rasanya prosedur jika mengurus sendiri. Prosedur dibuat dan ditata untuk dijalankan. Jika kita tidak mau menjadi bagian dari prosedur tersebut, setidaknya kita menjadi bagian dari kumpulan yang membuat prosedur yang dibangun tersebut pada akhirnya jalan ditempat.

Namun begitu, alasan “budaya kebiasaan” yang sudah membudaya dalam masyarakat kita dengan “efisiensi” sebagai bumbu penyedap-nya setidaknya menjadi salah satu kondisi mengapa biro saja tetap dibutuhkan dan menjadi kebutuhan.

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: