Edisi Umum

Mental Block Cleansing (MBC)

GOSTAGE.com – Di akhir bulan Agustus 2008, kantor tempat saya bekerja mengadakan program pelatihan untuk staf dan jajaran direksi. Mental Block Cleansing atau disingkat MBC, itulah nama pelatihannya. Saya sendiri dan mungkin juga kita semua akan melontarkan pertanyaan yang sama, apa dan bagaimana metode pelatihan ini. Tulisan di bawah ini saya kutip dari brosur MBC yang diterbitkan oleh MAA Institute sebagai lembaga yang mengembangkan dan mengadakan program pelatihan tersebut.

Karakter manusia akan sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam hidupnya, termasuk karirnya. Karakter yang telah melekat dalam diri seseorang akan sangat menentukan maju tidaknya seseorang didalam meniti hidup. Baik buruknya karakter seseorang akan mempengaruhi jalan hidupnya.

Bila karakter manusia ikut menentukan jalan hidup seseorang, bagaimana dengan karakter negatif yang melekat dalam diri seseorang, apakah ia akan menghambat kemajuan yang bersangkutan. Karakter negatif dan merusak jelas akan menghambat kemajuan seseorang. Karena itu karakter penghambat kemajuan ini harus dihancurkan.

Apakah karakter negatif bisa diubah? Karakter yang menghambat kemajuan bisa diubah. Caranya dengan metode mind cleansing. Dengan metode pembersihan rekaman negatif (ketegangan) di otak bawah sadar dan menggantinya dengan pemahaman baru yang positif diikuti dengan relaksasi untuk membuka filter otak bawah sadar sehingga memudahkan penerimaan dan perekaman pemahaman yang positif.

Otak manusia yang merupakan karunia Tuhan, layaknya CPU sebuah komputer. Dalam otak manusia terdapat milyaran syaraf, yang dapat menyerap dan merekam jutaan informasi. Dengan membersihkan rekaman negatif dan menggantinya dengan pemberian pemahaman baru yang positif yang dimasukkan ke dalam otak bawah sadar, maka program menuju sukses telah di-install ke dalam otak manusia. Melalui tehnik-teknik tertentu rekaman positif akan dimasukkan ke CPU otak manusia.

Sikap mental negatif seseorang yang dipengaruhi masa lalunya, dapat menghambat kemajuan seseorang. Sikap mental negatif yang telah mendarah daging ini membentuk karakter yang tidak kondusif untuk melakukan perubahan. Melalui metoda dan teknik yang dikembangkan dalam pelatihan MBC, sikap negatif tersebut dapat diubah menjadi positif melalui proses “memasukkan rekaman positif” ke dalam otak bawah sadar (OBS) secara berulang-ulang sehingga rekaman negatif melemah. Dengan memasukkan rekaman positif, produktif dan konstruktif yang akan mendukung kesuksesan seseorang.

Metode dan modul pelatihan MBC dikembangkan oleh dr. Karli. Berbekal pengalaman menangani ribuan pasien, dr. Karli kemudian mengembangkan modul dan metode pelatihan MBC yang ditawarkan kepada publik.

Sebagai seorang dokter alumni kedokteran Universitas Airlangga, sejak tahun 1999 mendalami “colon cleansing” dengan Dr. Jane (murid Dr. Bernard Jensen). Colon cleansing adalah suatu metode pembersih sumber toxin yang berupa kerak dari pembusukan sisa makanan yang mengeras dan lengket pada dinding usus besar, sehingga tercapai kondisi zerotoxin. Dengan cara membasahi kerak tersebut dengan air steril berulang-ulang supaya lembek sehingga perlahan-lahan terlepas dan keluar bersama air. Dengan bersihnya toxin, maka beban lever ringan dan fungsinya normal kembali. Nutrisi esensial yang selama ini digunakan untuk detoxifikasi dialihkan untuk memperbaiki seluruh sel-sel organ tubuh yang diikuti perbaikan secara klinis. Hal ini dikenal dengan metode self healing (pemnyembuhan alami)

Sejak tahun 2002, dr. Karli juga mengembangkan metode mind cleansing. Adalah suatu metode pembersihan rekaman negatif (ketegangan) di otak bawah sadar sehingga dapat menurunkan cortisol (hormon stress). Dengan cara memasukkan rekaman positif ke otak bawah sadar secara berulang-ulang sehingga rekaman negatif melemah.

Prosesnya diawali melalui pemberian pemahaman baru yang positif diikuti dengan relaksasi untuk membuka filter otak bawah sadar, sehingga memudahkan penerimaan dan merekam pemahaman positif. Dengan melemahnya rekaman negatif, maka ketegangan dapat segera dinetralisir sehingga produksi cortisol menurun. Dan sebaliknya, terjadi peningkatan produksi hormon melantonin dan hormon endorphin yang secara bersama-sama berfungsi mendorong perbaikan sel-sel organ tubuh.

Bila metode colon cleansing merupakan pengobatan/terapi dengan perlakuan medis, maka metode mind cleansing merupakan perlakuan/terapi dari sisi mentalis dan psikologis.

Maksud dan Tujuan Pelatihan (1) memberi pemahaman cara kerja otak bawah sadar (OBS) terhadap pembentukan mental blok (sikap negatif) yang terekam dan terpola di OBS yang menghambat kemauan dan menghambat kebahagian, (2) mengeluarkan mental blok (sikap negatif) yang terekam dan terpola di OBS yang selama ini menjadi faktor penghambat kemajuan seseorang, (3) menimpa dan mengganti rekaman negatif yang telah terpola di OBS dengan mengisi rekaman pola negatif, sehingga terbentuk sikap dan perilaku positif, produktif dan konstruktif, (4) mengikis dan membersihkan diri dari sikap mental negatif yang menghambat kemajuan seseorang, (5) membangun hubungan kerja dan pola komunikasi yang positif dan konstruktif sehingga terwujud suasana kerja yang nyaman dan supportif, (6) menanamkan sikap, perilaku dan pola hidup yang sehat.

Hal yang ingin dicapai (1) terbukanya hati, pikiran dan kesiapan mental serta kerelaan dari setiap individu untuk melakukan perubahan ke arah positif dan konstruktif, (2) terbentuknya sikap dan prilaku yang positif, produktif dan kontruktif, (3) terwujudnya suasana kerja yang nyaman, hubungan kerja yang harmonis dan komunikatif, sehingga kondusif untuk membangun team kerja yang solid, (4) terkikisnya sikap mental dan perilaku negatif, tidak terpuji dan merugikan tim kerja, dan sebaliknya terpupuknya sikap dan perilaku positif konstruktif untuk menuju ke arah perubahan yang lebih baik, (5) hilangnya ego (negatif) yang mementingkan diri sendiri dan menumbuhkan kebersamaan, saling memberi apresiasi sesama dan saling berbagi dalam menghadapi masalah maupun mewujudkan komitmen bersama.

Methodologi, pelatihan diberikan dengan pendekatan edutainment, sehingga sepanjang pelatihan peserta bergembira dan enjoy serta tidak bosan mengikuti pelatihan. Pelatihan didukung dengan penggunaan audiovisual sehingga suasana pelatihan menjadi hidup. Selain presentasi dari fasilitator, juga dikembangkan game-game dan tools pelatihan lainnya yang mendukung pencapaian tujuan pelatihan. Peserta diminta mengisi data diri dan menuliskan “mental block” yang ingin dihilangkan. Pada sesi praktek “relaksasi”, peserta dibimbing dan diberi pemahaman baru yang positif diikuti dengan relaksasi untuk membuka filter otak bawah sadar sehingga memudahkan penerimaan dan perekaman pemahaman yang positif. Disela-sela kegiatan pelatihan, peserta diberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan fasilitator (dr. Karli) tentang berbagai persoalan terutama yang menghambat kemajuan.

Sasaran peserta adalah (1) perusahaan yang tengah melakukan proses perubahan dan ingin meningkatkan kinerja dan produktivitas pegawainya, (2) mereka yang disiapkan untuk menduduki pimpinan di berbagi jenjang/tingkatan di perusahaan maupun organisasi, (3) seluruh staf perusahaan dari tingkat supervisor hingga level pimpinan.

Apa saja yang dipelajari? Pelatihan MBC membutuhkan waktu pelatihan selama dua hari satu malam. Materi di hari pertama (1) penjelasan training dan kontrak belajar, (2) memahami cara kerja otak bawah sadar (OBS) dan pembentukan pola megatif, (3) memahami cara kerja OBS terhadap pembentukan pola positif, (4) pengisian data diri: “mental block” yang ingin dihilangkan, (5) memahami kerja OBS terhadap pikiran dan perasaan, (6) studi kasus pertama: mengatasi kecewa, sedih dan cemas, (7) relaksasi: memasukkan rekaman postif ke OBS, (8) pendalaman (konsultasi dengan dr. Karli), (9) memahami cara kerja OBS terhadap mekanisme ego dan pemebntukan ego, (10) bagian pertama (mengubah sikap negatif menjadi positifi): menyembuhkan luka emosi, (11) studi kasus kedua: menyembuhkan luka emosi, (12) bagian kedua (mengubah sikap negatif menjadi positif): memuaskan ego sendiri, (13) studi kasus ketiga: mengatasi kurang percaya diri, mengatasi gengsi yang tinggi, mengatasi zona nyaman, (14) relaksasi: pencerahan spiritual.

Materi hari kedua (1) pencerahan: pola makan sehat, (2) bagian ketiga (mengubah sikap negatif menjadi positif): mendorong mekanisme ego positif, (3) bagian keempat (mengubah sikap negatif menjadi positif): merumuskan citra diri/ego yang positif, (4) relaksasi: citra diri yang positif, (5) mengatasi masalah dengan positif, (6) studi kasus kelima: masalah terkait pekerjaan, (7) relaksasi: menjalani hidup dengan bersyukur, (8) membangun relationship, (9) studi kasus keenam: latihan, (10) mengatasi perbedaan pendapat dengan positif, (11) studi kasus ketujuh: diskusi kelompok, (12) pola asuh yang efektif terhadap anak, (13) mengembangkan kreativitas dan produktivitas kerja, (14) membangun komitmen bersama, (15) evaluasi dan penutupan.

Bagi saya pribadi pelatihan ini sangat bermanfaat, apalagi disampaikan dengan metode yang edukatif dan interaktif. Sesi yang sangat berkesan adalah bagian pengungkapan mental block yang akan dihilangkan. Disini setiap individu peserta (termasuk saya) dituntut untuk bisa mengungkapkan dan menuliskan rekaman negatif yang ingin dihilangkan dalam otak bawah sadar. Membuat hilang secara utuh tentunya tidak mudah. Dalam pelatihan ini minimal kita bisa melepaskan beban yang destruktif sebagai imbas dari kejadian di masa lalu yang mungkin sangat mengganggu dan menguras energi pikiran kita.

Saya bersyukur mempunyai kesempatan di waktu dan forum yang tepat untuk belajar  bagaimana cara mengurangi beban dalam memori otak bawah sadar kita yang tanpa disadari turut memberi andil dalam pembentukan pola sikap dan ego keseharian kita.

Satu catatan penting yang pada akhirnya harus kita tanamkan adalah bahwa selama manusia hidup pasti tidak akan luput dari masalah. Yang terpenting kemudian adalah bagaimana upaya kita dalam menyikapi dan mengelola masalah tersebut sehingga tidak menjadi mental block yang merusak diri kita sendiri.

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: