Edisi Umum

Nexian NX-G911

NX - G911Sedikit kesal dengan kondisi handphone yang sekarang dipakai karena sering error ketika sedang membaca atau mengirim sms, iseng-iseng searching informasi mengenai perkembangan handphone di internet. Tujuan utama adalah produk yang dikenal dengan sebutan handphone facebook. Perhatian kemudian tertuju pada handphone jenis Nexian NX-G911 yang sedang marak diperbincangkan. Meskipun belum berarti memutuskan untuk membeli, dengan searching informasi setidaknya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Informasi review lengkap hp tersebut akhirnya saya dapatkan melalui website Vnet Club. Berikut saya kupas ulang mengenai hp tersebut.

Masih bertajuk BlackBerry, Nexian meluncurkan kembali ponsel yang mengunggulkan fitur jejaring sosial, Facebook dan chatting. Tapi kali ini Nexian tidak bersama XL. Ya, bersama Indosat. Nexian NX-G911, begitu mereka memberikan kode pada ponsel ini. Merek juga mempopulerkan ponsel ini dengan sebutan hape online. Lalu apa bedanya dengan NX-G900? Ya desain, tentunya Nexian harus cerdas untuk melakukan diferensiasi terhadap produk sebelumnya. Sebenarnya, Nexian NX-G911 memiliki desain yang mirip dengan Nexian NX-G900, tapi tidak identik.

Desain
Perbedaan pertama yang terlihat ada pada bagian atas. G911 dibuat sedikit melengkung. Berbeda dengan G900 bagian kiri dan kanan atas dihubungkan dengan garis lurus. Tapi setiap sudutnya masih tetap mempunyai radius kira-kira 25 derajat, bukan sudut tumpul. Di bagian bawah NX-G911 mengambil desain Nokia E71, yang menyempit pada bagian bawahnya.

Kemudian, G911 juga diberi pembeda pada D-pad navigasi. D-pad navigasi menyerupai lingkaran yang terpotong pada bagian atas dan bawahnya. Desain shortcut menu (berikon rumah) dan pesan (berikon amplop) dimodifikasi dengan menaikannya kira-kira 1-2 mili hingga lebih menonjol dibandingkan G900. Hal ini mungkin dilakukan karena pegguna G900 sering salah pencet tombol di atas atau bawahnya jika ingin menjangkau kedua tombol shortcut tersebut.

Tata letak keypad QWERTY tidak mengalami perubahan. Perbedaannya hanya pada tombol yang berada di pojok bawah kanan dan kiri. G911 benar-benar memanfaatkan ruang. Ukuran keypad G911 sedikit lebih besar dibandingkan saudara tuanya, tapi tidak terlalu kasat mata. Kenyamanan keypad tidak berbeda jauh, masih tergolong nyaman dan empuk saat kami coba untuk mengetik pesan kepada seorang sahabat. Material plastik cangkang NX-G911 bisa kami pastikan mempunyai kualitas yang lebih baik dari G900, selain itu molding lebih rapi.

Layar
G911 memiliki ukuran layar 2,2 inci dengan resolusi 320×240 piksel serta kedalaman hingga 262 ribu warna. Pada setelan brightness tertinggi, Nexian NX-G911 lebih terang dibandingkan NX-G900. Overall, kualitas layar G911 cukup memuaskan. Susunan menu tetap menganut matrik 4×3. Hanya saja konten di halaman menu utama sedikit berubah. Di G911 tersedia shortcut I-Go, Mig33 dan Opera mini untuk menggantikan shortcut browser orisinil, menu games dan user profile yang ada di G900. Di G911, user profile bisa Anda temukan di dalam menu Settings.

Kamera
Kamera G911 tetap menggunakan modul beresolusi VGA tanpa flash. Menu dan konfigurasinya mirip dengan G900. Hasil fotonya sudah bisa ditebak, standar ponsel merek lokal. Konfigurasi yang bisa ditemukan antara lain color tone, white balance, self timer, burst shot, dan modus malam (scene mode). Semua itu bisa diakses menggunakan tombol numerik/angka tanpa harus masuk jauh lebih dalam..jauh lebih dalam..ke menu pengaturan.

Berbeda dengan hasil foto, rekaman video dengan kondisi ruang dan cahaya yang sama menghasilkan gambar yang lebih terang. Berikut spesifikasi hasil rekam video.  Kompresi MJPG dengan eksetensi avi. Resolusi 176×144 piksel, 6.27 fps serta bit rate 218Kbps. Sedangkan audionya satu kanal (mono) dengan PCM 8000Hz.

Multimedia
Selain bisa merekam, NX-911 juga dibekali dengan pemutar video berkemampuan menonton film berektensi avi, 3gp dan mp4. Jika ada video player, sudah tentu ada pula music player. Music player bisa memutar file berformat mp3, wav dan amr. Interface aplikasi music player G911 tidak ubahnya G900, sangat sederhana dan tidak dilengkapi dengan preset equalizer.Tapi tunggu dulu, kualitas speaker di bagian belakang sangat memanjakan telinga. Dengan rela kami akan memberikan 2 jempol kami untuk kualitas musik di ponsel ini. Lagu online “saykoji” dan Bogey Time “Soul ID” yang menjadi paket pembelian terdengar apik.

Hape online juga dilengkapi dengan radio FM. Tersedia 9 space untuk menyimpan stasiun radio favorit Anda. Baik music player maupun radio bisa tersedia modus background. So, Anda tetap bisa mengakses aplikasi lain seperti pesan dan phonebook selagi aplikasi radio ini aktif.

Memori
Untuk menaruh kedua lagu di atas tentunya membutuhkan memori internal yang lega. G911 mempunyai kapasitas memori internal sebesar 10.228 kilobyte atau hampir 10 MB. G900 hanya mempunyai kapasitas memori internal  1016 kilobyte, atau 10 kali lebih kecil dibandingkan penerusnya. Meski memiliki memori internal relatif lega tapi kami yakin belum bisa memuaskan pemilik untuk menumpuk file mp3 dan lainnya. Untuk itu tersedia slot memori microSD yang letaknya di dalam kompartemen baterai. Oh ya, meski dalam press release dan kemasan NX-G911 tertera paket kartu memori yang disertakan berkapasitas 1 GB. Tapi nyatanya ponsel ini mempaketkan kartu memori berkapasitas 2 GB.

Konektifitas
Untuk membekali aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, G911 telah menggunakan GPRS kelas 12. Koneksi internet di ponsel ini juga stabil meski tidak ngebut banget. Selain itu tersedia pula koneksi nirkabel Bluetooth yang sudah support A2DP. Artinya, selain bisa mengirim file antar device berbluetooth. Ponsel juga bisa dikawinkan dengan headset Bluetooth untuk mendengarkan musik tanpa menggunakan headset kabel yang kadang meribetkan. Tapi sayang,saat mengakses facebook, Mig33 atau opera mini, Anda harus keluar dulu jika ingin membaca atau mengetik SMS.

Beberapa aplikasi yang menjadi unggulan ponsel ini yang membutuhkan koneksi internet antara lain shortcut Facebook, I-Go, Mig33 dan Opera browser. Semua aplikasi bisa berjalan menggunakan kedua kartu yang ditancapkan.

Sebagai informasi tambahan, hanya slot SIM 1 saja yang dikunci agar tidak bisa menggunakan kartu SIM selain Indosat. Sedangkan slot 2 bisa menggunakan kartu operator GSM lainnya.

Selain itu, ponsel ini juga melengkapi diri dengan memberikan aplikasi email disamping aplikasi pesan standar, SMS dan MMS. Konfigurasinya sama dengan G900 dan HT G30. Fitur ini berhasil kami coba tanpa menemukan kendala.

Baterai
Untuk menyuplai tenaga, Nexian NX-G911 dibekali baterai Li-Ion standar 1000mAh. Jenis baterai serupa dengan yang digunakan oleh G900, termasuk charger-nya.

Kesimpulan
Daya tariknya tidak hanya pada ponsel saja tapi juga paket penjualannya. Total bonus berupa manfaat yang didapatkan kabarnya hingga 2 juta rupiah, tapi kami belum mengkalkulasi hal tersebut. Harga resmi ponsel 999.000 rupiah.

Ketika berencana membeli ponsel ini, berarti Anda telah menyetujui kalau ponsel ini memiliki kelemahan di kamera. Balasannya, Anda akan menikmati kualitas audio yang prima dan aplikasi jejaring sosial yang sedang tren saat ini. Dan rasanya, browser orisinil pun akan Anda singkirkan. Lantaran surfing lebih nyaman menggunakan Opera mini.

Source: Vnet Club

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

8 thoughts on “Nexian NX-G911

  1. mmmmmmmuuuuuuaaaaannnnnnnnttaaaaaaaabbbbbbbbbbzzzzzzzzzzz bbbbbbbeeeeeeuuuuuuuuuddddddddddd………………….

    Posted by hackcenter | 8 October 2009, 6:27 am
  2. mksdx apa pa. . . . .? sampai segitux. . . ..? pa brpa sieh harga hp nexian ? ku kan mu tau. . . . . .

    Posted by syifa | 29 January 2010, 7:52 pm
  3. berapa emng harga hp ini ? pa nama bpk syiapa? ku mu tau ?

    Posted by syifa | 29 January 2010, 7:55 pm
  4. ko’ malah nanya nama bpk itu sich……….bukanya nanya hp’y malah nanya nama bpk itu.

    Posted by tuti | 20 March 2010, 6:02 pm
  5. bpk, apkh dpt membantu sy?? sy mmbutuhkan data persentase penjualan hp merk ini. trmksh

    Posted by awuli | 21 May 2012, 2:52 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: