Edisi Umum

Jangan Menyerah: Pesan dalam Lirik Sebuah Lagu

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa

(lirik lagu “Jangan Menyerah” – D’Masiv)

GOSTAGE.com – Bukan bermaksud untuk mempromosikan lirik lagu ini. Entah kenapa saya ingin mengulasnya disini. Lirik lagu yang konon beritanya diciptakan sang vokalis d’masiv dalam hitungan menit ini menurut saya sedikit berbeda dengan lirik lagu pada umumnya dan memberi nuansa yang kuat sehingga menyentuh bagi telinga yang mendengarkannya. Dipadukan juga dengan ilustrasi klip yang cukup menyentuh hati. Kekuatan lirik lagu ini terletak pada pesan yang diangkat oleh si pencipta, cukup inspiratif untuk kita renungkan atau tepatnya untuk dijadikan bahan renungan. Kata perkata yang disusun dalam satu kalimat kemudian dirangkai menjadi sebuah paragraf sangat dalam maknanya.

Seringkali dalam kehidupan ini, kita menyesali apa yang sudah diberikan oleh sang pencipta. Terkadang kita marah, mengapa tuhan memberikan kita wajah yang jelek, hitung yang pesek, kulit yang tidak mulus dan tubuh yang kurang seksi atau atletis. Mengapa tuhan tidak melahirkan kita dalam naungan keluarga yang kaya dan serba berkecukupan. Mengapa tuhan tidak memberikan kita pacar atau istri yang cantik atau suami yang tampan. Mengapa tuhan membiarkan kita dan keluarga kita menjadi bahan cela-an dan hinaan orang karena kemiskinan dan ketidaksempurnaan fisik kita.

Disisi lain, orang juga seringkali masih merasa kurang dengan segala kelebihan yang sudah dilimpahkan kepadanya. Diberi kedudukan yang baik masih mengharapkan yang lebih baik, diberi kekayaan dan harta yang berlimpah masih merasa kurang berlimpah, dianugerahi fisik yang sempurna masih merasa belum sempurna, dan seterusnya.

Dari semua itu, satu hal yang seringkali kita lupakan adalah bahwa semua itu adalah cobaan. Kondisi yang serba kurang dan tidak sempurna dan juga kondisi yang serba berkecukupan dan sangat sempurna semuanya cobaan yang diujikan kepada kita. Bagi orang yang tidak kuat dengan semua yang dicobakan kepadanya tersebut akan merasakan situasi dimana pikirannya sangat rumit dan berat memikirkan apa yang harus dijalaninya. Dampak dari kondisi ini akan bersifat situasional sekali dan tergantung kadar kekuatan masing-masing orang dalam menyikapi beban yang dirasakannya.

Bagi yang bisa bersabar akan menarik nafas panjang dan berlapang dada, baik dalam kondisi kurang maupun kondisi yang berlebih. Pemikiran dan keyakinan bahwa akan ada hikmah dibalik itu semua akan mendorong hati dan pikiran mereka kepada situasi yang nyaman dan senantiasa berjiwa besar dalam menerima semuanya.

Bersyukur memang satu kata yang mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk diterapkan. Bersyukur kalau hidup ini adalah anugerah yang bersifat sementara dan harus dihadapi. Kembali lagi, yang harus diyakini adalah ada hikmah dibalik itu semua. Hadiah dan kebesaran Tuhan pasti akan datang bagi hambanya yang mau bersabar dan tidak kenal putus asa. Ini adalah janji yang pasti, dan hanya Tuhan lah yang mengetahui dalam bentuk dan wujud apa janji itu akan ditepatinya.

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

4 thoughts on “Jangan Menyerah: Pesan dalam Lirik Sebuah Lagu

  1. saya juga suka banget lagu ini mas..liriknya itu mas yang bikin saya suka…
    terlebih lagi,lagu ini di aransemen dengan musik yang sangat sederhana(diiringi oleh akustik),jadi lebih memunculkan maksud dari lagu itu sendiri..

    Posted by frezyprimaardi | 13 October 2009, 8:00 am
  2. Arel….saya setuju sekali, bahwa bersyukur adalah sesuatu yang mudah diucapkan tapi tidak mudah untuk diterapkan.
    Orang selalu cenderung untuk bersyukur atas segala kenikmatan dan kesenangan yang mereka dapatkan, sementara jika datang kesulitan atau musibah dikatakan sebagai cobaan. Padahal cobaan adalah juga nikmat yang diberikan olehNya untuk juga disyukuri…..

    Dan kita akan selalu merasa kurang, jika kita selalu melihat atau memandang ke’atas’, jika kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain yang mempunyai ‘kelebihan’ yang tidak kita miliki….. Tapi kalau kita melihat ke’bawah’, pastilah kita akan bersyukur karena ternyata masih banyak orang yang jauuhh kurang beruntung.

    Jadi, memang kita harus selalu positive thinking, dengan demikian pasti kita akan selalu dapat bersyukur atas segala nikmat serta karunia yang diberikan olehNya…. apapun bentuknya!

    btw, Arel….saya suka tulisan2 kamu….!

    Posted by annasigit | 16 October 2009, 11:06 am
    • “Mbak ana..thank komennya dan uda berkunjung… hanya sekedar menyalurkan kelebihan energi mbak, meskipun belum ketemu ritme-nya tulisan-tulisan ini mau dibawa ke mana…maklum baru belajar merangkak sambil berpegangan….. (walah kalimate rek…. hahaha)….

      Just perspektif dan perasaan pribadi mbak… namun itulah setidaknya yang bisa kita pelajari dari lingkungan di sekeliling kita…

      Bukan bermaksud mengesampingkan yang di atas, mudah2an dgn mengulas hal-hal seperti ini turut mengerem dan mengademkan isi kepala saya sendiri supaya selalu dan senantiasa ingat asal kita darimana…..Salam”

      Posted by zasmiarel | 16 October 2009, 11:17 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: