Concert Review, Edisi Music

X Factor Indonesia 2013: Fatin Sidqiah Sang Juara

Zasmi Arel_IMG_9122-0

GO-STAGE.com – Ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia tahun 2013 yang diselenggarakan RCTI mencapai puncak. Jumat, 24 Mei 2013, bertempat di Hall D Gedung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran digelar malam final dari ajang spektakuler yang cukup menyedot perhatian masyarakat Indonesia.

Zasmi Arel_IMG_9055-2

Malam penentuan pemenang X-factor 2013 ini dibuka dengan munculnya para penari seksi yang mengawal munculnya sang host, Robby Caesar Titian Surya Purba atau yang biasa dikenal dengan Robby Purba. Dengan mengenakan stelan jas warna hitam, kemeja putih dibalut rompi ungu, dan dasi kupu-kupu, penampilan lajang yang namanya mulai menanjak sejak menjadi The Most Favorite VJ di ajang MTV Hunt pada tahun 2008 tampil sangat elegan.

Zasmi Arel_IMG_8976-2

Setelah Robby sang host tampil, giliran para Juri X-factor 2013 dipanggil untuk tampil. Diiringi riuh tepuk penonton, Bebi Romeo, Ahmad Dhani, Rosa, dan Anggun Cipta Sasmi memasuki dan berdiri di tengah panggung, melambaikan tangan ke arah penonton, lalu kemudian menuju kursi yang sudah disediakan persis di muka panggung.

Zasmi Arel_IMG_8977-2

Perhelatan akbar final x-factor malam itu semakin panas. Gemuruh teriakan dan tepuk penonton membahana begitu sebelas finalis x-factor 2013 satu per satu muncul dan tampil di atas panggung. Dicky Adams tampil pertama dengan lagu “Smell Like Teen Spirit”, Dalagita dengan lagu “My Favorite Things”, Yohanna Febianti dengan lagu “Sang Dewi”, Ilusia Girls dengan “You and I”, Agus Hafiluddin dengan lagu “Kiss from a Rose”, Alex Rudiart dengan lagu “Locked Out of Heaven”, Gede Bagus dengan lagu “Time After Time”, Isja Raja dengan lagu “Mr. Brightside”, Shena Malsiana dengan lagu “Aku Bukan Bang Toyib”, Mikha Angelo dengan “Ordinary World”, dan NU Dimension dengan lagu “Don’t You Worry”. Meskipun tidak tampil sebagai juara, kemunculan mereka masih dieluhkan penggemarnya, ini terdengar dari riuhnya teriakan begitu mereka tampil.

Zasmi Arel_IMG_8998-2

Teriakan dan riuh tepuk penonton semakin membahana tatkala dua finalis yang masuk ke grand final, Fatin Sidqiah Lubis dan Novita Dewi Marpaung muncul dan tampil di atas panggung. Dengan mengenakan stelan serba putih, baik Fatin maupun Novita tampil sangat menawan. Mereka bernyanyi membawakan lagu “Reach” menunjukkan performance masing-masing. Dan diakhir lagu mereka tampil ditengah sambil dikelilingi oleh sebelas finalis lainnya. Sebuah pembukaan yang sangat memukau.

Zasmi Arel_IMG_9006-2

Setelah rehat sebentar, giliran masing-masing grand finalis tampil solo. Kali pertama dibuka oleh penampilan Fatin membawakan lagu “Well Well Well”. Meskipun ini malam penentuan, Fatin tampil santai dan tidak menunjukkan muka tegang dan malu-malu sebagaimana ciri khas dia waktu tampil di panggung result show.

Zasmi Arel_IMG_9023-2

Setelah Fatin tampil memukau, giliran Novita Dewi tampil membawakan lagu “Alone”. Diiringi backing vokal dari paduan suara Voice of Indonesia (VOI), penampilan Novita tidak kalah memukaunya dengan Fatin. Penonton sempat dibuat terkesima dengan penampilannya dan iringin tepuk dan sorak penonton, khususnya para pendukungnya tak henti mengiringi sampai akhir lagu.

Zasmi Arel_IMG_9056-2

Kemeriahan malam final tersebut semakin berlanjut. Kali ini giliran Anggun C Sasmi bersama anak asuhannya “The Boys” tampil. Secara bergiliran Dicky, Gede Bagus, dan Mikha Angelo tampil membawakan lagu “Stonger”. Lalu kemudian disusul pemumculan Anggun dari tengah panggung. Disini sangat kelihatan kharisma Anggun yang sekarang sudah menjadi penyanyi kelas dunia. Sorak penonton yang memang sudah lama merindukan suranya tak putus terdengar.

Zasmi Arel_IMG_9100-2

Lagu “Tua Tua Keladi” pun terdengar dari Anggun dan The Boys. Pada lagu Tua Tua Keladi ini tak lupa penonton pun diajak bernyanyi bersama. Mereka tampil begitu memukau, seolah Anggun ingin menunjukkan bahwa meskipun anak didiknya tidak tampil sebagai grand finalis, namun mereka layak mendapatkan tempat dihati pemirsa, tentunya dengan keunikan dan ciri khas masing-masing.

Zasmi Arel_IMG_9108-2

Setelah rehat kembali, kedua grand finalis diuji untuk bernyanyi duet. Lagi-lagi giliran Fatin tampil terlebih dulu dan dia berduet dengan Mikha Angelo. Duet ini dieluh-eluhkan sebagai duet spektakuler, betapa tidak, baik Fatin maupun Mikha memiliki fans yang sama banyak. Dalam kesempatan tampil duet ini, mereka menyanyikan lagu “Good Time”.

Zasmi Arel_IMG_9113-2

Setelah Fatin dan Mikha tampil, giliran Novita Dewi yang naik ke panggung. Untuk lawan duetnya Novita disandingkan dengan pacarnya sendiri (sesama finalis x-factor), Alex Rudiart. Mereka tampil menyanyikan lagu “Give Me a Reason”. Sebagai pasangan sesungguhnya tampak terlihat mereka sangat klop dan mendalami lagu yang mereka bawakan.

Zasmi Arel_IMG_9148-2

Disamping penampilan para finalis dan mentornya, malam final x-factor 2013 ini dimeriahkan juga dengan penampilan dari para peserta audisi x-factor yang lucu-lucu dari ke empat kelompok. Mereka ini disebut sebagai F-factor atau singkatan dari Funny Factor X-factor 2013. Dari kelompok group tampil memukau Ale Gile dengan membawakan lagu “Jatuh Cinta Lagi”. Dengan logat jawa medok dan suara yang sumbang, penampilan mereka cukup mengocok perut para penonton yang hadir di Hall D gedung JIExpo.

Zasmi Arel_IMG_9161-2

Penampilan para F-Factor tidak berhenti disini, tampil kemudian Adhi Darma, yang dipercaya oleh Bebi Romeo sebagai F-Factor dari kelompok Umur 25 tahun ke atas. Sekali lagi Adhi Darma sukses mengocok perut penonton dengan lagu “Dang Ding Dong”. Saking penasarannya dengan suara Adhi Darma yang melengking aneh, Anggun menantangnya untuk menyanyikan lagu sedih. Anggun ingin tahu apakah dengan membawakan lagu sedih penonton akan tetap tertawa atau tidak. Tantangan ini dijawab Adhi Darma dengan menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta. Penonton bukannya tertegun malah sontak tertawa.

Zasmi Arel_IMG_9168-2

Lanjut kemudian dari kelompok The Girls, kali ini Rosa memberikan kesempatan kepada Mak Nurjanah untuk tampil sebagai F-Factor dari kelompok yang dimentor-nya. Dengan diiringi musik bernuansa hip hop, Mak Nurjanah sukses membawakan lagu dan mengocok penonton melalui tembang “Don’t Let Me Down”. Disesi ini terjadi keseruan, dimana Mak Nurjanah menggoda Ahmad Dhani dan diakhir dengan ciuman mesra dari Ahmad Dhani ke pipi Mak Nurjanah.

Zasmi Arel_IMG_9178-2

Penampilan F-factor ditutup oleh Wahyu Galaxi dari kelompok The Boys. Wahyu yang dipercaya oleh Anggun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan ingin membuat Anggun terkesima. Dan omongannya tersebut tidak sia-sia. Dengan membawakan “Medley Lady Gaga” dan diiringi oleh penari latar yang tidak kalah memukau juga, Wahyu tampil dan membuat puas Anggun dan penonton. Bagi Wahyu sendiri mengatakan bahwa meskipun tidak tampil sebagi finalis dia mengganggap ajang x-factor ini dan penampilan dia di malam final ini sebagai “jumping stone (baca: batu loncatan)” untuk nya memasuki dunia artis. Wow..welcome Wahyu.

Zasmi Arel_IMG_9197-2

Setelah rehat, giliran para juri x-factor 2013 tampil bersama. Sebagai pembuka, Bebi Romeo dan Ahmad Dhani tampil dengan memainkan piano. Sebagai artis yang sudah bisa disebut dengan julukan masterpiece, keduanya tampil memukau. Kali ini Ahmad Dhani membawakan lagu “Sadis”. Sementara Bebi Romeo menyanyikan lagu “Ayat-Ayat Cinta”.

Zasmi Arel_IMG_9214-2

Sambil diiringi permainan piano dari Bebi Romeo dan Ahmad Dhani serta Oni n Friends, Rossa pun tampil berikutnya. Rossa melantunkan lagu “Mimpi” yang dipopulerkan oleh Anggun C. Sasmi. Spesialis lagu melankolis dan nada tinggi ini tampil begitu percaya diri dan menghayati lagu yang dibawakannya. Balutan gaun hitam rancangan dari Ivan Gunawan semakin membuat Rosa kelihatan tidak kalah anggun dan menawan.

Zasmi Arel_IMG_9219-2

Selepas Rossa, giliran Anggun tampil memukau. Dengan balutan gaun merah Anggun tampil begitu anggun dan menawan dengan membawakan lagu “Risalah Hati”. Meskipun disini suaranya agak terganggu pada beberapa bagian lagu, namun penampilannya tidak terpengaruh, disini semakin menunjukkan mental dia sebagai penyanyi kelas dunia.

Zasmi Arel_IMG_9226-2

Terakhir, keempat juri x-factor tersebut tampil menunjukkan kepiawaian dan performance mereka masing-masing dalam balutan kwartet yang sangat memukau. Iringan Oni n Friends juga semakin menambah kemegahan dari lagu yang mereka nyanyikan.

Zasmi Arel_IMG_9230-2

Setelah para finalis, grand finalis, para f-factor dan para juri tampil, maka tiba waktu yang dinanti-nanti, yaitu pengumuman pemenang X-Factor Indonesia 2013. Secara bersama Robby Purba memanggil kedua grand finalis didampingi mentor masing-masing, Fatin bersama Rosa dan Novita Dewi bersama Bebi Romeo. Ketegangan sempat terjadi manakalah pengumuman tertunda oleh rehat iklan. Dari kursi penonton ketegangan juga terlihat. Sorak pendukung masing-masing grand finalis juga tak henti-hentinya terdengar.

Rehat iklan pun selesai, dan Robby Purba kembali mengawal di atas panggung. Ketegangan kembali terjadi baik diatas panggung maupun di area penonton. Dan ketegangan tersebut akhirnya memuncak, nama Fatin Sidqiah Lubis disebutkan oleh Robby sebagai pemenang X-Factor Indonesia 2013. Riuh sorak penonton khususnya dari kubu Fatin sontak terdengar, sementara dari kubu Novita yang memang diprediksi banyak kalangan akan tampil sebagai juara hanya terpukau seolah tidak percaya dengan hasil yang disebutkan, namun tetap fair menerima.

Zasmi Arel_IMG_9262-2

Pemberian hadiah dilakukan oleh Bapak Wiranto yang hadir malam itu. Sebagai juara pertama, Fatin berhak atas sebuah mobil Suzuki Swift matic dari Indosat Mentari, uang tunai sebesar 125 juta dari Cross Mobile, Reksadana dari MNC Asset Management senilai 50 juta, Asuransi dari MNC Life sebesar 2,5 miliar, Kontrak rekaman dengan nilai investasi 1 miliar dari Sony Music Indonesia, dan lagu kemenangan “Aku Memilih Setia” yang akan diputar di 600 radio seluruh Indonesia.

Zasmi Arel_IMG_9269-2

Begitu juga dengan Novita Dewi, sebagai runner up dia mendapatkan sebuah mobil Suzuki Swift matic dari Indosat Mentari, uang tunai sebesar 100 juta dari Cross Mobile, dan rekaman ekslusif lagu kemenangan “Sampai Habis Air Mataku” dari Sony Music Indonesia. Sementara NU Dimension yang tampil sebagai juara ketiga mendapatkan sebuah mobil Suzuki Swift matic dari Indosat Mentari, dan uang tunai sebesar 75 juta dari Cross Mobile.

Zasmi Arel_IMG_9271-2

Sebagai The Winner, Fatin kemudian dinobatkan untuk menyanyikan lagu kemenangannya “Aku Memilih Setia” di depan para penonton. Senyum bahagia terlihat dari raut muka Fatin. Dari mimik mukanya tadi saat namanya disebut sebagai sang juara, Fatin seolah tidak percaya. Ya…itulah factor x dan factor keberuntungan yang kebetulan berpihak ke dirinya.

Zasmi Arel_IMG_9294-2

Acara perhelatan akbar x-factor Indonesia 2013 ini ditutup dengan tampilnya seluruh finalis x-factor, para mentor dan seluruh kru RCTI yang sudah mengawal acara ini dari awal, dengan bersama-sama menyanyikan lagu “We Are The World”. Sukses buat RCTI dan selamat berjumpa di ajang X-Factor selanjutnya.

Zasmi Arel_IMG_9297-2

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

2 thoughts on “X Factor Indonesia 2013: Fatin Sidqiah Sang Juara

  1. spi nya gk tercantum ixixixiiiii

    Posted by bonie | 5 July 2013, 1:41 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: