Edisi Music, Music News

Indonesian Idol 2014: Hak Veto Menyelamatkan Ubay di Spektakuler Show Kedelapan

ZA_IDOL110414_0382-1

Malam Spektakuler Show Indonesian Idol kedelapan, Jumat, 11 April 2014, benar-benar menjadi malam keberuntungan untuk Yusuf Nur Ubay (atau lebih familiar dipanggil Ubay). Penampilannya yang cukup memukau malam itu tidak cukup mendongkrak hati pemirsa. Hal ini terbukti setelah dirinya menduduki posisi dua terendah bersama Husein dan kemudian disebutkan sebagai kontestan yang harus pulang malam itu. Namun dewi fortuna masih berpihak pada dia. Keempat juri sepakat untuk memberikan hak veto untuk dia.

Sampai dengan malam Spektakuler Show Kedelapan, tinggal enam kontestan yang tersisa, yaitu Ubay, Nowela, Yuka, Husein, Virzha, dan Gio. Secara kualitas suara, keenam kontestan tersebut sulit dibandingkan satu sama lain, mengingat semuanya bagus dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Pada Spekta Kedelapan ini, kontestan dinobatkan untuk membawakan dua lagu dari para juri. Pada bagian pertama, masing-masing kontestan menyanyikan lagu dari atau yang diciptakan (atau pernah dibawakan) oleh para juri. Uniknya lagi, masing-masing juri mendapatkan kesempatan untuk mementori para kontestan. Dengan sistem pengundian Ahmad Dhani mementori Ubay dan Yuka, Titi DJ berkesempatan menjadi mentor Gio dan Nowela, Tantri mementori Husein, sementara Anang kebagian mementori Virzha.

Ubay mendapat kesempatan pertama tampil. Pada penampilan pertama ini Ahmad Dhani memilihkan lagu ciptaannya yang dinyanyikan Mahadewi “Satu-satunya Cinta”. Pilihan lagu ini tentu menjadi tantangan buat Ubay, lagu yang semula dinyanyikan penyanyi perempuan harus dia bawakan berdasarkan atau “ala” dia. Hasilnya, Titi DJ mengatakan seperti bukan sedang menonton Indonesian Idol, tapi sedang menonton konser Ubay.

ZA_IDOL110414_0391-1

Tampil berikutnya adalah Nowela. Dia mencoba membawakan lagu pilihan dan kebetulan langsung dinyanyikan oleh Titi DJ “Sang Dewi”. Di setiap penampilannya, Nowela selalu memberikan kejutan. Begitu juga malam itu, Nowela dinilai Titi DJ menyanyikan lagu ini dengan baik dan penuh penghayatan, bahkan Tantri mengakui bahwa pada lagu ini Nowela berhasil keluar dari zona nyamannya.

ZA_IDOL110414_0404-1

Selanjutnya lagi-lagi giliran anak mentor Dhani yang tampil, Yuka. Kalau Ubay dipilihkan lagu dari penyanyi cewek, kebalikkannya dengan Yuka, Dhani memilihkan lagu “Immortal Love Song” dari Mahadewa. Surprise, Yuka membawakan lagu ini dengan caranya dan berbeda jauh dari penyanyi aslinya. Yuka memang salah satu kontestan yang dinilai mempunyai naluri musik yang tinggi dan mampu menaklukkan setiap lagu yang dibawakannya.

ZA_IDOL110414_0438-1

Husein yang tampil selanjutnya ditantang Tantri membawakan lagu berirama slow dari Kotak Band, “Pelan Pelan Saja”. Selama Husein bernyanyi, Tantri terlihat begitu serius memperhatikan. Hasilnya cukup membuat dia puas. Dia menilai Husein berhasil membawakan lagu itu di luar nuansa Kota.

ZA_IDOL110414_0462-1

Untuk Virzha, Anang mencoba memilihkan lagu “Aku Lelakimu” yang dia nyanyikan sendiri. Lagu ini hasil karya Pongky dan disinyalir berdasaerkan pengalaman atau kondisi kehidupan pribadi Anang kala itu. Tapi bukan Virzha kalau tidak bisa menundukkan lagu dari Anang tersebut. Dia sukses mengangkat lagu lama tersebut menjadi trending topic. Tidak tanggung-tanggung, tiga juri memberikan standing applause, bahkan Dhani secara reflek menyebutnya ‘bajingan’. Perkataan Dhani ini tentunya lebih bernuansa pujian ke arah positif, karena begitu bagusnya Virzha membawakan lagu tersebut.

ZA_IDOL110414_0484-1

ZA_IDOL110414_0503-1

Terakhir giliran Gio membawakan lagu “Bintang-Bintang”. Diakhir penampilannya, Titi DJ begitu terkesima bahkan sampai naik ke panggung dan memeluk Gio. Menurut Titi, Gio dinilai sukses membawakan lagu tersebut dengan sangat berbeda dari dirinya.

ZA_IDOL110414_0518-1

ZA_IDOL110414_0540-1

Di kesempatan tampil bagian kedua, para kontestan membawakan lagu yang menjadi pilihan dari salah satu lagu kesukaan mentor mereka. Ahmad Dhani memilihkan lagu dari penyanyi favoritnya, Rihanna, “Take a Bow” untuk Ubay. Sementara untuk Yuka dia mencoba memberikan tantangan ke Yuka dengan lagu yang bernuansa riang. Lagu “All I Wanna Do” dari ….. menjadi pilihannya untuk dibawakan Yuka.

Titi DJ mencoba memilihkan lagu “The One That Got Away” milik penyanyi Katy Perry untuk Nowela. Dia menilai lagu tersebut cocok dengan karakter vokal Nowela. Untuk Gio, Titi mencoba memilihkan lagu yang sedikit melenceng dari karakter Gio, “Don’t Speak” dari group band No Doubt.

Di kesempatan kedua ini Tantri memilihkan lagu “Unintended” dari Muse untuk Husein. Sedangkan untuk Virzha, Anang memilihkan lagu Keane, “Everybody’s Changing”. Dia berharap Virzha akan memberikan daya tarik yang tinggi pada lagu Keane. Berikut beberapa foto keenam kontestan pada kesempatan tampil kedua.

ZA_IDOL110414_0555-1

ZA_IDOL110414_0566-1

ZA_IDOL110414_0597-1

ZA_IDOL110414_0612-1

ZA_IDOL110414_0637-1

ZA_IDOL110414_0692-1

Dengan sudah digunakannya hak veto pada malam Spekta Show Kedelapan, keenam kontestan akan tampil kembali di minggu depan. Mereka harus semakin menunjukkan kemampuan dan kualitas masing-masing karena sudah tidak ada lagi hak veto yang dimiliki oleh para juri, artinya sudah tidak ada lagi kesempatan kedua. Lantas siapa yang akan melaju kelima besar? Kita tunggu saja hasil Spektakuler Show minggu depan yang tentunya semakin panas.

ZA_IDOL110414_0379-1

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: