Concert Review, Edisi Music

GANGSTARASTA: Better Way Release Party

Zasmi Arel_IMG_6674-0

GO-STAGE.com – Lama tidak terdengar, group band reggae asal Jakarta GANGSTARASTA mengeluarkan album baru. Rabu, 28 Oktober 2015, bertempat di Beer Brother Kemang, Jakarta Selatan, GANGSTARASTA mengadakan jumpa pers dan sekaligus acara launching album baru mereka yang diberi judul “Better Way”.

Zasmi Arel_IMG_6697-0

Lika-liku perjalanan dan proses yang panjang mulai dari pergantian personil, pergantian label, dan pergantian manager membuat album ini baru rampung setelah 7 tahun pengerjaan. Namun 7 tahun ini tidaklah sia-sia karena GANGSTAMAN (sebutan fans Gangstarasta) akan disuguhi karya terbaik yang pantas untuk ditunggu. Balutan sound yang “kekinian,” lirik yang unik serta aransemen yang segar diyakini mampu memikat pecinta musik Indonesia.

Emilio sang vokalis mengatakan bahwa dalam pengerjaan album Better Way ini mereka sangat dibantu oleh manajemen BAHAYA RECORDS yang bertindak sebagai produser. GANGSTARASTA mengakui bahwa dalam penyusunan album ini tidak hanya mengedepankan ide mereka sendiri, masukan dari Benjamin Renhart sebagai seorang produser sekaligus pemilik label BAHAYA RECORDS sangat berarti.  Kerja bareng yang dilakukan tanpa mengenal lelah dan memadukan input masing-masing pihak membuat album baru ini muncul dengan nuansa baru.

Dalam album Better Way ini GANGSTARASTA mengangkat lagu “Reggae Disco” sebagai single andalan. Mereka mencoba memberikan nuansa baru dalam lagu ini, yakni dengan memasukkan hentakkan dance di tengah alunan reggae. Proses pengerjaan video klipnya sendiri terbilang cepat, materinya direncanakan sekitar satu minggu dan proses shooting video klipnya sendiri berlangsung satu hari dengan mengambil tempat di salah satu kawasan di Bumi Serpong Damai (BSD).

Ketika ditanya apa yang membedakan GANGSTARASTA dengan band reggae lainnya, mereka mengatakan bahwa disamping pesan dari lirik lagu yang diangkat juga ada nuansa perubahan ciri khas yang ingin mereka tampilkan dalam setiap penampilan, yaitu dengan memakai kostum yang seragam. Perubahan ini diharapkan akan semakin memperat rasa kebersamaan antar sesama personil band dan juga dengan pihak manajemen.

Zasmi Arel_IMG_6647-0

Dalam kesempatan jumpa pers tersebut Benjamin Renhart juga menyampaikan perubahan nama yang terjadi pada label yang dimotorinya, dari semula OFFBEAT MUSIC INDONESIA berubah menjadi BAHAYA RECORDS. Perubahan nama ini dilakukan sebagai rebranding yang dirasa perlu agar lebih dekat dan lebih mencerminkan anak muda. Bahaya adalah sebuah ekspresi yang biasa diungkapkan ketika sebuah lagu dianggap bagus dan atau keren. Dengan nama baru ini diharapkan label ini mampu menjadi label yang selalu memberikan lagu-lagu yang bahaya kepada masyarakat Indonesia.

Benjamin juga menyampaikan bahwa nama baru ini tidak merubah komposisi band yang ada didalamnya, yaitu SOULJAH, TIPE-X dan GANGSTARASTA sendiri. Dan untuk membuat label baru ini semakin terasa bergairah Benjamin memasukkan SYDERA, BIGWAVE, dan TNG RIDAZ sebagai artis baru dibawa naungan BAHAYA RECORDS. Ketiga band ini adalah band yang diciptakan oleh Benjamin untuk nantinya mampu bersanding dengan senior mereka.

Zasmi Arel_IMG_6648-0

Setelah acara press conference yang berlangsung hangat dan penuh keakraban, dilanjutkan dengan penampilan GANGSTARASTA sebagai awal dari launching album baru mereka. Sebelum mereka tampil group band baru bentukan BAHAYA RECORDS juga ikut perform. Berturut-turut tampil SYDERA, BIGWAVE dan TNG RIDAZ. Penampilan ketiga band baru ini sangat atraktif. Mereka membawakan lagu sendiri dan juga lagu dari penyanyi/group band lain yang diaransemen ulang sesuai aliran musik yang diusung oleh masing-masing group.

Usai penampilan ketiga group band baru dan performance dari rapper, giliran GANGSTARASTA tampil. Pada kesempatan penampilan pertama dihadapan para awak media GANGSTARASTA mencoba memperkenalkan lagu atau single andalan mereka “Reggae Disco”. Hentakan lagu irama reggae dan selipan musik disco memang membuat lagu ini sangat menggoda baik untuk didengarkan maupun untuk bergoyang. Karena launching album ini bertepatan dengan hari “Sumpah Pemuda”, setelah lagu Reggae Disco personil GANGSTARASTA mengajak penonton yang hadir untuk bersama-sama melantunkan teks Sumpah Pemuda diiringi suara keyboard.

Pada giliran berikutnya yaitu release party untuk penggemarnya, GANGSTARASTA mengawali penampilan malam itu dengan lagu “Spirit Reggae Music”. Alunan reggae kental serta merta membawa penonton yang hadir ikut bergoyang. Tidak ingin menyurutkan animo fansnya lagu “Sunny Day” pun terdengar. Penonton pun makin bersemangat bergoyang. Usai lagu Sunny Day, Emilio sang vokalis menyapa penonton, mengucapkan terima kasih atas support yang mereka berikan kepada band ini sehingga tetap tampil eksis dan konsisten dengan musik yang mereka usung.

Tanpa banyak komentar lagi GANGSTARASTA melanjutkan penampilan mereka. Lagu “Seharusnya”, “Kebebasan”, Vision of Love”, “Selebriti”, “Hilang”, “Langkah”berturut-turut mereka bawakan. Kemeriahan dan goyangan penonton semakin bertambah manakala lagu “Reggae Disco” dikumandangkan. Para personil band pun ikut bergoyang disco dari atas panggung.

GANGSTARASTA mengakhiri penampilan mereka dengan tembang “Unity”. Sungguh suasana launching album yang penuh dengan keakraban.  Berikut foto-foto dari launching album Better Way GANGSTARASTA. (All photos by Zasmi Arel)

Zasmi Arel_IMG_6651-0

Zasmi Arel_IMG_6655-0 Zasmi Arel_IMG_6667-0 Zasmi Arel_IMG_6668-0 Zasmi Arel_IMG_6670-0

Zasmi Arel_IMG_6678-0 Zasmi Arel_IMG_6683-0 Zasmi Arel_IMG_6688-0 Zasmi Arel_IMG_6696-0 Zasmi Arel_IMG_6708-0 Zasmi Arel_IMG_6709-0 Zasmi Arel_IMG_6716-0 Zasmi Arel_IMG_6718-0

Zasmi Arel_IMG_6725-0

Zasmi Arel_IMG_6723-0

Zasmi Arel_IMG_6719-0

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: