Event

Asian Games Jakarta-Palembang 2018 Resmi Dibuka

GO-STAGE.com – Asian Games Jakarta-Palembang 2018 resmi dibuka pada Sabtu, 18 Agustus 2018 dari Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Indonesia.

Prosesi pembukaan pesta olahraga negara-negara se-Asia ini diawali dengan penampilan video yang menunjukkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berangkat dari Istana Bogor menuju GBK dengan melakukan atraksi yang spektakuler dengan mengendarai sepeda motor.

Suasana semakin meriah manakala dipenghujung video dari salah satu pintu masuk areal GBK disorot cahaya, nampak seorang petugas berdiri dan tak lama kemudian muncul pengendara sepeda motor (sang presiden) memacu motornya memasuki areal GBK sambil melambaikan tangan ke arah penonton. Video tersebut diakhiri dengan memperlihatkan perjalanan motor hingga akhirnya memunculkan sosok sang presiden kembali melepas helm turun dari motor memasuki lift hingga akhirnya muncul di podium.

Pertunjukan pun dimulai. Dari atas panggung berlatar bukit besar dengan air terjun dan sawah bertingkat telah bersiap sekitar 1500 penari yang menjadi pembuka dengan membawakan tarian Ratoh Jaroe, sebuah tarian khas dari tanah Aceh. Diiringi lagu Bungong Jeumpa, para penari tersebut menari begitu kompak dan harmonis serta menunjukkan sebuah suguhan budaya asli Indonesia pada ajang yang spektakuler tersebut.

Parade kontingen dari negara peserta Asian Games 2018 menyusul setelah itu. Para penari yang tadi tampil mengambil posisi membelah dua sepanjang pinggiran panggung membuat alur barikade  untuk rute yang akan dilewati para atlit.

Parade kontingen dimulai dengan defile Afghanistan dan Bahrain. Satu per satu kemudian kontingen dari negara lain tampil melintas. Sorak penonton pun riuh mengawal jalannya para artis yang melintas. terjadi pada parade kontingen negara peserta ini. Beberapa kontingen negara menjadi sorotan penonton, seperti ketika nama kontingen Palestina disebut, biarpun atlit yang ikut dari negara tersebut hanya sedikit namun menonton riuh menyerukan nama negara tersebut.

Kejutan juga terjadi, antara lain muncul dari kontingen Korea, pada Asian Games 2018 mencatat sejarah kontingen Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dan menjadi satu kontingen, yaitu Korea. Hal ini juga mendapat sorakan dri penonton. Parade kontingen ini diakhiri dengan kemunculan defile Indonesia dengan jumlah yang cukup dominan. Penonton pun meneriakkan nama Indonesia mengawal sepanjang atlit melintas.

Penyanyi dangdut tanah air yang lagi menanjak karirnya Via Vallen membuka dengan lagu tema Asian Games 2018, “Meraih Bintang”.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo malam itu secara resmi membuka perhelatan akbar negara se-Asia tersebut. “Dengan mengucap bismillahirrohamnirrohim, Asian Games 2018 saya buka,”.

Ketua Umum INASGOC, Erick Thohir, mengatakan bahwa Asian Games 2018 ingin menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan banyak suku, bahasa, dan agama, bisa hidup dalam “harmoni”. “Kami menyebutnya Bhinneka Tunggal Ika atau Unity in Diversity,” ucap Erick.

Sementara itu, Presiden Komite Olimpiade Asia, Ahmad Al Fajar, menyebut bahwa venue pembukaan Asian Games 2018 adalah warisan pendiri bangsa saat menyelenggarakan Asian Games pertama pada 1962. “Ini ( Stadion GBK) adalah warisan besar,” kata Al Fahad.

Prosesi pembukaaan Asian Games 2018 malam itu dilanjutkan dengan serangkaian acara, mulai dari pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penampilan para artis pendukung dan juga para penari, pengibaran bendera Asian Games dan ditutup dengan penyalaan api Asian Games pada bagian tertinggi panggung yang di set up seperti kawah kecil puncak gunung. Mantan atlit bulu tangkis putri peraih emas Olimpiade, Susi Susanti, dinobat untuk menyalakan api Asian Games ini pada puncak tertinggi tersebut.

Photo by: Zasmi Arel


 

Advertisements

About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: