Event

Pameran WARISAN 2019: Citra Bahtera Nusantara

GO-STAGE.com – PT. Mediatama Binakreasi kembali menggelar Pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) 2019 selama 4 (empat) hari, 22 – 25 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Indonesia hadir sebagai bangsa dengan budidaya Khatulistiwa yang tidak pernah terkikis oleh era dan jaman. Manivestasi budi pekerti yang tertuang dengan hasil karya kerajinan sejak jaman Mulawarman ini, menjadikan Indonesia begitu dikagumi dan menjadi museum hidup bagi negara-negara dunia.

Dengan Komposisi 50% Batik, 30% tenun,10% Mutiara, 10% Kuliner Nusantara semakin mengangkat keunikan dan keanekaragaman hasil budaya yang diharapkan dapat menjadi pameran yang mewakili nilai orisinalitas para pelaku ekonomi kreatif dan membawa Indonesia menjadi bangsa yang disegani atas hasil karya yang ada dengan nilai kualitas yang berkelas dan bergaransi.

Wasiat adalah suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekedar bermakna penyampaian pesan tetapi juga sebagai penghubung lintas generasi dan peralihan peradaban. Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) adalah suatu kegiatan pameran eksklusif yang akan dilaksanakan untuk ke empat kalinya. Pada tahun ke empat penyelenggaraannya kali ini mengangkat tema “Citra Bahtera Nusantara”. Menampilkan 3 wasiat Indonesia, yaitu Batik, Tenun & Mutiara. Secara khusus Pameran WARISAN bertujuan untuk menjaga seni dan budaya bangsa juga sebagai apresiasi kepada Pembatik, Penenun, Pemerhati, Pengrajin dan Pengusaha Batik, Tenun & Mutiara.

Keikutsertaan para pengrajin Batik, Tenun , Mutiara dan Kuliner merupakan wujud usaha besar dalam membangun dan mengembangkan Industri karya budaya agar semakin berkualitas dan semakin kokoh dalam pergerakan ekonomi global serta keikutsertaan akan pelestarian filosofi moral bangsa.

Pada Pameran WARISAN tahun ini menampilkan kurang lebih 130 stand dengan produk Batik, Tenun dan Mutiara yang berkelas dan bergaransi serta dijamin keasliannya. Batik yang ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100% dengan aplikasi Batik Tulis, Batik Cap atau Batik Kombinasi (Tulis dan Cap). Menghadirkan pula hasil karya Tenun NTT yang terkenal serta Tenun songket yang mewah dari Palembang. Tidak lupa juga hanya Mutiara Air Laut Indonesia yang dihadirkan pada pameran ini yang asli dan tersertifikasi.

Tidak main-main, produk yang dipamerkan di Pameran WARISAN telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari:
1. Bpk. Komarudin Kudiya (Kurator Batik)
2. Bpk. Romi Oktabirawa (Kurator Batik)
3. Bpk. Dudung Alie Syahbana (Kurator Batik)
4. Bpk. Zainal Arifin (Kurator Tenun)
5. Ibu Ratna Zhuhry (Kurator Mutiara)

Pameran Warisan 2019 diresmikan oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada acara Opening Ceremony yang berlangsung 22 Agustus 2019. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kepedulian dan kecintaan kita pada karya tradisional perlu ditanamkan terus menerus pada generasi ke generasi selanjutnya. Dari perhatian dan rasa cinta yang besar akan karya bangsa ini, generasi muda akan terus berkarya dan menumbuhkan kreativitas agar Wastra Indonesia dan mutiara laut dapat senantiasa dikembangkan dan dijaga kelestariannya.

Maka dari itu, melalui Pameran Warisan ini diharapkan menjadi ajang promosi bagi para perajin dan pengusaha Batik, Tenun & Mutiara eksklusif di Nusantara, dengan menyuguhkan pelayanan prima baik untuk peserta maupun pengunjung. menjamin keaslian dan kemurnian Batik, Tenun & Mutiara Indonesia serta membantu kelangsungan seni Batik, Tenun & Mutiara dari sisi bisnis.

Melanjutkan kesuksesan Pameran WARISAN sebelumnya, tahun ini diramaikan program acara pertunjukan musik tradisional, kuis tebak keaslian BAHTERA (Batik, Tenun & Mutiara) dengan total hadiah jutaan rupiah, serta Warisan Award.

Yang berbeda pada pelaksanaan Pameran WARISAN tahun ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian Wastra Indonesia kepada generasi muda, dengan mengadakan program Workshop dan Kompetisi Draperi yang melibatkan siswa/i SMK Negeri jurusan Tata Busana di DKI Jakarta.

Setiap hari pameran dibuka pada pukul 10 pagi hingga 9 malam. Penyelenggaraan Pameran WARISAN tahun ini menargetkan transaksi ritel sebesar 20 Miliyar Rupiah dengan 10.000 orang pengunjung.

Pameran WARISAN GRATIS masuk bagi pengunjung yang memakai busana Batik / Tenun / Mutiara serta bagi pemegang Undangan Khusus. Selain itu, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah).

Photo by: Zasmi Arel


About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Copyright © 2019 GO-STAGE.com Email: info@go-stage.com