Concert Review, Edisi Music

Metallica Live in Jakarta

Arel_Metallica_001

Once in a life time, itulah komentar salah seorang sahabat di akun facebook saya, tatkala saya memposting satu foto dari konser Metallica. Ya, Metallica is back. Setelah dua puluh tahun berselang, group musik cadas asal California, Amerika Serikat ini kembali menyelenggarakan konser-nya di Indonesia. Tanggal 25 Agustus 2013, group yang diawaki oleh James Hetfield (vocal dan gitar), Kirk Hammet (gitar), Lars Ulrich (drum) dan Robert Trujillo (bass), menghentak Jakarta. Tidak tanggung-tanggung Lapangan Sepakbola Gelora Bung Karno Senayan menjadi pilihan tempat penyelenggaraan konser mereka.

Meskipun banyak musisi luar yang menyelenggarakan konser di Jakarta, kehadiran Metallica dinilai banyak pihak sebagai konser yang istimewa dan sekaligus fenomenal. Betapa tidak, bayang-bayang kerusuhan ketika Metallica menyelenggarakan konser di Stadiun Lebak Bulus pada 1993 silam masih membekas dan menjadi pertanyaan besar, mampukah sang promotor menjamin atau setidaknya meminimalisir kejadian itu supaya tidak terulang. Dan pertanyaan itu terjawab sudah. Beberapa pihak yang tadinya menyangsikan balik memuji sang promotor yang sukses mengawal konser mereka kali ini dengan aman.

Dalam konser kali ini, Metallica menghentak panggung dua jam tanpa jeda, dengan memainkan sedikitnya delapan belas lagu dari hit-hit terbaik mereka. Lima puluh ribu penonton yang hadir di Stadiun Gelora Bung Karno malam itu dibuat panas dengan hentakan irama musik khas metallica yang cepat dan keras. Biarpun penonton yang hadir malam itu terbilang sudah berusia 30 tahun ke atas, namun usia tidak menghalangi mereka untuk tetap berjingkrakan mengikuti alunan lagu yang dimainkan oleh James Hetfield dan kawan-kawan. Bahkan orang nomor satu Jakarta, Gubernur Jokowi yang memang dikenal sangat menggemari musik keras, juga hadir dan berbaur dengan para penonton di kelas festival. Saya sendiri sempat bersalaman dengan beliau, ndak nyangka bisa bersalaman dengan gubernur fenomenal seperti beliau justru di ajang konser musik cadas seperti ini, hehehe.

Secara umum konser yang dijaga sekitar 3.000 ribu aparat ini berlangsung mulus tanpa insiden berarti. Dan Metallica nampaknya merasakan aliran energi positif dari para pecintanya selama di Jakarta. “Kalian hebat Jakarta, we’ll be back soon,” itulah janji Hetfield di akhir panggung. Berikut beberapa hasil jepretan kamera saya selama dua jam berbaur dengan para penonton di kelas festival. Salut buat promotor yang bisa mengawal konser yang fenomenal ini dengan aman, dan tidak ada kata lain selain puas dan puas…..;-)

Arel_Metallica_002

Arel_Metallica_003

Arel_Metallica_025

Arel_Metallica_004

Arel_Metallica_005

Arel_Metallica_006

Arel_Metallica_007

Arel_Metallica_008

Arel_Metallica_009

Arel_Metallica_010

Arel_Metallica_011

Arel_Metallica_012

Arel_Metallica_013

Arel_Metallica_014

Arel_Metallica_015

Arel_Metallica_016

Arel_Metallica_017

Arel_Metallica_018

Arel_Metallica_019

Arel_Metallica_020

Arel_Metallica_021

Arel_Metallica_022

Arel_Metallica_023

Arel_Metallica_024

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: