Concert Review, Edisi Music

Konser X Factor Around The World

IMG_0065-1

Satu lagi gebrakan yang disajikan oleh stasiun TV RCTI. Dalam rangka memperingati hari ulangnya yang ke-24, Sabtu, 24 Agustus 2013 malam, bertempat di Hall D2 Gedung JIExpo, Kemayoran, stasiun TV RCTI membuat program konser live music yang bertajuk “X Factor Around The World”, sebuah event pertama dan hanya di Indonesia yang menghadirkan Juri dan para juara X Factor dari beberapa negara. Sesuai dengan tajuknya, konser ini turut dimeriahkan oleh juara X Factor dari berbagai penjuru dunia. Bintang-bintang yang tampil diantaranya adalah Melanie Amaro juara X Factor Amerika Serikat, Samantha Jade juara X Factor Australia, The Collective juara X Factor Australia, dan Jarmene Douglas juara X Factor Inggris. Dari Indonesia sendiri tentunya menampilkan Fatin Sidqiah dan Novita Dewi yang merupakan Juara dan Runner Up X Factor Indonesia.

Sementara itu deretan nama jurinya pun tak kalah menarik. Selain mengusung Anggun C. Sasmi dan Ahmad Dhani juri X Factor asal Indonesia, terdapat pula nama-nama juri X Factor dari luar negeri, diantaranya Paula Abdul juri X Factor Amerika Serikat, Daniel Bedingfield juri X Factor Selandia Baru, dan Louis Walsh juri X Factor Inggris. Bersama tiga puluh fotograper yang tergabung dalam Stage Photography Indonesia, saya diberi kesempatan oleh RCTI untuk meliput jalanannya konser tersebut.

Konser X Factor Around The World malam itu dimulai dengan kemunculan sang host acara X Factor, Robby Purba. Disambut tepuk dan sorak penonton, dengan stelan jas gelap penampilan Robby malam itu begitu menarik. Setelah itu muncul parade para juara X Factor yang akan tampil, mulai dari Samantha Jade, kemudian disusul group cowok The Collective, lalu Melanie Amaro dan Jarmene Douglas menyusul setelahnya, dan terakhir Fatin Sidqiah dan Novita Dewi.

Riuh sorak penonton tak kalah serunya manakala para juri yang akan menilai malam itu satu per satu muncul dan tampil di atas panggung. Yang pertama muncul adalah Louis Walsh, disusul kemudian Paula Abdul, lalu Daniel Bedingfield, dan terakhir muncul secara bersamaan Ahmad Dhani dan Anggun. Kelima juri ini membawa pesona masing-masing. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Paula Abdul yang menyedot perhatian terbanyak dari penonton.

IMG_0015-1

Setelah acara pembukaan dan rehat sebentar, babak pertama dari konser besar pun dimulai. Pada babak pertama ini para juara x factor akan ditantang untuk tampil solo. Adapun yang mendapat kesempatan pertama adalah Samantha Jade Juara X Factor Australia. Samantha mambawakan lagu “What You’ve Done to Me”. Diiringi penampilan penari latar yang juga diboyong langsung dari Australia, Samantha tampil begitu enerjik dan menghiptonis penonton. Beberapa penonton bahkan berkomentar bahwa penampilan dan aksi panggungnya sangat mirip penyanyi Britney Spears. Sepertinya komentar tersebut tidaklah berlebihan, karena wajah Samantha sendiri memang sangat mirip dengan Britney.

IMG_0023-1

IMG_0024-1

IMG_0029-1

Setelah Samantha Jade, giliran runner up X factor asal Indonesia Novita Dewi tampil dengan membawakan lagu “Sampai Habis Air Mataku”. Penghayatan mendalam yang ditunjukkan oleh Novita terhadap lagu ini membuat dirinya mendapat pujian dari para juri. Memang tidak dapat dipungkiri penghayatan Novita pada setiap lagu yang dibawakannya sangat baik, dipadu dengan kualitas vokal yang juga sudah matang.

IMG_0041-1

IMG_0050-1

IMG_0053-1

Fatin Sidqiah, juara X Factor Indonesia mendapat giliran berikutnya. Pada kesempatan solo ini Fathin membawakan lagu “Aku Memilih Setia”. Sama halnya dengan Novita, penghayatan dan ciri khas suaranya menuai pujian dari juri, bahkan Daniel Bedingfield memberikan tepukkan sambil berdiri. Dia juga menganggap bahwa vokal Fatin memiliki kesamaan dengan Britney Spears. Wow, berarti ada dua peserta yang dianggap mirip Britney malam itu, Samantha dari sisi wajah dan aksi panggungnya, sedangkan Fathin dinilai mirip dari kualitas vokalnya.

IMG_0064-1

IMG_0066-1

Tampil berikutnya pada babak solo ini adalah The Collective. Boyband asal negeri Kangguru, Australia ini berusaha menunjukkan kebolehannya melalui lagu “Surrender”. Aksi panggung mereka sangat atraktif dibalur kualitas vokal dari masing-masing personil yang memang sudah bagus. Hal ini tentunya tak luput pujian dari para juri.

IMG_0070-1

Setelah The Collective tampil dengan aksi panggung yang cukup memukau, giliran juara X factor asal Inggris, Jahmene Douglas, unjuk kebolehan. Dalam kesempatan ini Jahmene membawakan lagu “Titanium”. Dengan karakter suara merdu dan sesekali dipadu dengan lengkingan yang penuh power, dia dinilai para juri berhasil membawakan lagu ini dengan sendiri dan dengan penuh penjiwaan. Komentar para juri ini sepertinya diaminin oleh penonton, saya sendiri cukup merinding mendengar dia membawakan lagu ini.

IMG_0081-1

IMG_0082-1

IMG_0084-1

IMG_0089-1

Melanie Amaro, tampil selanjutnya dengan membawakan lagu “Long Distance”. Performa Juara x factor Amerika Serikat ini juga tak luput dari pujian kelima juri, terutama tentunya dari Paula Abdul. Karakter vokalnya yang kuat membuktikan bahwa dia memang layak menjadi juara. Keenam juara x factor sudah tampil dan menunjukkan performanya masing-masing. Semuanya bagus dan telah membuktikan bahwa mereka memang layak menjadi juara pada ajang pencarian bakat “x factor” di negaranya masing-masing.

IMG_0107-1

IMG_0104-1

Setelah para juara tampil, giliran para Juri yang mencoba unjuk kebolehan. Untuk yang tampil pertama adalah Daniel Bedingfield, yang pernah menjadi juri untuk X Factor New Zealand season 1. Dalam kesempatan tersebut Daniel tampil membawakan dua lagu, “If You’re Not The One” sebuah lagu ciptaannya yang direlease bulan November 2002 dan lagu barunya yang berjudul “Every Little Thing”.

IMG_0142-1

IMG_0149-1

Kesempatan berikutnya diberikan kepada Juri X Factor asal Indonesia, Anggun C. Sasmi, lady rocker yang cukup membuat bangsa kalangan seniman music Tanah air, karena kiprahnya kini yang sudah mendapat pengakuan dunia. Kualitas suara dan aksi panggungnya sudah tidak dapat diragukan lagi. Anggun membawakan dua lagu hitnya, “Mimpi” dan “In Your Mind”.

IMG_0164-1

IMG_0165-1

Penampilan berikutnya adalah kejutan bagi penonton dan juga bagi penyanyi sendiri, Anggun C. Sasmi berkolaborasi dengan Tantri Kotak. Seperti yang pernah disampaikan oleh Anggun saat Tantri tampil berduet dengan Novita di salah satu show x-factor, dia sangat mengidolakan suara Tantri dan ingin sekali berkolaborasi dengannya. Tantri pun ternyata mengidolakan Anggun sebagai lady rocker Indonesia yang telah mendunia dan mempunyai keinginan sama. Dan malam itu ternyata keduanya dipertemukan dengan membawakan dua lagu, “Pelan Pelan Saja” dan “We Will Rock You”.

IMG_0201-1

IMG_0192-1

IMG_0197-1

Penampilan Anggun berkolaborasi dengan Tantri Kotak sekaligus mengakhiri Babak pertama. Babak berikutnya adalah para juara akan berduet satu sama lain. Duet pertama dihadirkan Novita Dewi dengan Fatin Shidqia Lubis yang tampil begitu baik dan memukau. Mereka berdua membawakan lagu “Set Fire To The Rain”.

IMG_0235-1

IMG_0244-1

Selanjutnya, Novita Dewi berduet dengan Jahmene Douglas. Mereka menyanyikan lagu “Halo” milik Beyonce. Begitu selesai, Paula Abdul tak tahan untuk memberikan komentar. “Kalian sepertinya dilahirkan untuk berduet. Suara kalian seperti dari surga,” kata Paula Abdul. Sementara Daniel Bedingfield juri X Factor dari Selandia Baru menyebutkan bahwa lengkingan suara Jahmene sebagai nada yang sangat sulit untuk ditiru tanpa penguasaan teknik vokal, sangat tinggi.

IMG_0257-1

IMG_0264-1

IMG_0262-1

Sementara itu, duet Fatin Sidqiah dengan The Collective yang menyanyikan lagu “Payphone” pun dipuji oleh para juri. Gaya Fatin dan The Collective di nilai Paula simpel tapi sangat luar biasa. Demikian pula Louis Walsh, dia begitu memuji suara Fatin dan mengatakan jika Fatin rekaman lagu pasti akan meledak.

IMG_0272-1

IMG_0275-1

Duet yang tidak kalah menakjubkan berikutnya adalah antara Novita Dewi dan Samantha Jade yang melantunkan lagu “Breakeven”. Pernah mengalami masa tersulit dalam berkarir di musik, tidak membuat Novita Dewi dan Samantha Jade berputus asa. Mereka adalah dua sosok teladan, bahwa usaha gigih mereka akhirnya membawa hasil yang baik melalui ajang X factor.

IMG_0287-1

IMG_0307-1

IMG_0305-1

Selanjutnya giliran Fatin dan Melanie Amaro. Menyanyikan lagu “The World Greatest”, baik Fatin dan Melanie sama-sama menampilkan kemampuan vokal mereka yang matang dan membuktikan bahwa mereka pantas menjadi juara. Pujian pun meluncur dari komentar para juri. Bahkan Louis dan Daniel Bedingfield seolah sama-sama mengaminkan bahwa mereka berdua adalah yang terbaik dan sama-sama keren.

IMG_0316-1

IMG_0319-1

IMG_0322-1

Penampilan duet Fatin dan Melanie ini sekaligus mengakhiri babak duet antar masing-masing juara. Acara kemudian dilanjutkan dengan menampilkan parade seluruh finalis X Factor Indonesia yang turut tampil mendukung acara disela-sela rehat iklan. Setelah itu para artis dan dewan juri yang perform malam itu dipanggil. Satu persatu nama juara dan juri dari masing-masing negara disebut dan diminta tampil ke panggung.

IMG_0349-1

IMG_0365-1

Sambil tetap memperhatikan ke tengah panggung, deretan para kru yang berada di belakang layar tak luput dari bidikan lensa kamera saya. Kerja keras, ketelitian, kecermatan, dan kesabaran mereka menjadi salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan konser malam itu.

IMG_0354-1

IMG_0356-1

Dan rangkaian Konser X Factor Around the World malam itu ditutup dengan penampilan band Kotak. Group band ini salah satu favorit saya. Beberapa kali meliput konser mereka tetap saja membuat saya kagum. Tantri, Cella, dan Chua selalu memberikan aksi panggung yang enerjik. Sekali lagi sukses buat RCTI yang sudah memberikan suguhan program yang dahsyat seperti ini.

IMG_0371-1

IMG_0377-1  IMG_0212-1

IMG_0379-1

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

2 thoughts on “Konser X Factor Around The World

  1. mantep gan…
    jangan lupa mampir🙂

    Posted by azuiway | 2 October 2013, 2:00 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: