Concert Review, Edisi Music

Konser Perdana Album Pertama “Fatin For You”

IMG_1082-1

Sekian lama ditunggu, Fatin Sidqiah Lubis atau lebih familiar dengan nama Fatin akhirnya merilis album perdana yang bertajuk “Fatin For You”. Seperti yang kita tahu, Fatin mengawali debut karir music-nya melalui ajang pencarian bakat “X Factor Indonesia” yang digelar oleh stasiun televisi RCTI dimana dia tampil sebagai juara. Sebagai juara, pihak Sony Music Entertainment Indonesia memberikan hadiah pembuatan album rekaman buat dia. Lagu-lagu Fatin dari album perdananya diperdengarkan secara online mulai 10 November 2013 dan resmi dirilis secara global pada 20 November 2013.

Sebagai stasiun televisi yang membesarkannya, RCTI pada tanggal 7 Desember 2013 lalu, bertempat di Studio 8 menggelar Konser untuk Fatin yang bertajuk Fatin For You (sama dengan judul albumnya) dan disiarkan secara langsung. Konser ini sekaligus menjadi konser perdana menandai launching album perdana Fatin. Saya dan beberapa rekan dari Stage Photography Indonesia kembali diundang oleh pihak RCTI  untuk melakukan liputan langsung.

IMG_0967-1

Dalam konser malam itu, Fatin yang sekaligus bertindak sebagai hostnya tidak tampil sendirian, dia menggandeng beberapa penyanyi pendukung dari album Fatin For You seperti  The Overtunes (Mada, Reuben dan Mikha Angelo), Al Ghazali (Al), Kevin Aprilio, Gamaliel, dan duo rapper yang tergabung dalam group New Kingz. Pihak RCTI sendiri menampilkan tata panggung dan lighting yang tak kalah menawan, membuat suasana konser Fatin begitu gemerlap.

Konser dibuka Fatin dengan membawakan lagu “Diamond” milik Rihanna. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang dibawakannya dalam ajang X-Factor Indonesia lalu. Saat membawakan lagu ini Fatin berkolaborasi dengan beberapa penyanyi pendukung,  seperti Kevin Aprilio pada keyboard, Al bertugas memainkan turn table, dan The Overtune yang dimotori oleh Mikha Angelo mengiringi Fatin menyanyi. Fatin tampil begitu santai dan mampu menguasai panggung secara utuh. Mungkin karena ini adalah konser dia, maka Fatin berusaha tampil secara maksimal.

IMG_0982-1

Setelah menyapa tamu undangan yang hadir di Studio 8 RCTI dan pemirsa di rumah, Fatin pun melanjutkan konsernya dengan membawakan lagu “Aku Memilih Setia”. Dalam lagu ini Fatin terlihat begitu menghayati, para tamu undangan yang hafal lagu tersebut pun ikut terbuai dan bernyanyi bersama dia. Kabarnya, sejak diperdengarkan secara online lagu ini turut mendongkrak penjualan album perdananya menembus angka 80 ribu kopi dalam kurun waktu kurang dari dua minggu. Sebuah pencampaian yang cukup fantastic bagi penyanyi yang masih tergolong pendatang baru.

IMG_1022-1

Pada lagu berikutnya kembali Fatin membawakan lagu “Grenade”. Lagu ini adalah lagu yang dibawakan Fatin saat datang audisi dihadapan Ahmad Dhani, Rossa dan Bebi Romeo dan sekaligus menghantarkannya masuk dalam ajang X-Factor Indonesia. Setelah lagu tersebut Fatin berduet dengan Gamaliel membawakan lagu “Wrecking Ball”. Dalam duet ini Fatin dituntut untuk dapat mengimbangi penampilan Gamaliel yang memiliki perpaduan gaya antara pop dan rap. Sekali lagi Fatin menunjukkan dirinya sebagai penyanyi yang sudah jadi. Dia pun sukses mengimbangi gaya enerjiknya Gamaliel.

IMG_0996-1

Fatin kemudian sedikit memainkan emosional penonton dengan memanggil salah seorang Fatinistic untuk naik ke atas panggung. Fatin mengajak Fatinistic tersebut untuk membawakan satu bait dari lagu “Aku Memilih Setia” yang tentunya disambut sorak Fatinistic yang lain. Kehadiran para Fatinistic, sebutan para fans Fatin ini turut memberikan kemeriahan tersendiri. Para Fatinistic ini ternyata tidak hanya datang dari Jakarta, tapi juga dari beberapa daerah di luar Jakarta. Giliran selanjutnya Fatin memanggil The Overtunes untuk tampil. Begitu personal The Overtunes tampil Fatin pun mengambil rehat. The Overtunes membawakan lagu “Soulmate”.

IMG_1003-1

Lalu Fatin kembali tampil sendiri dengan membawakan lagu “Dia Dia Dia” yang merupakan lagu single-nya. Pada lagu ini tata panggung diatur sedemikian rupa. Fatin bernyanyi sambil duduk di ayunan dan dihujani lighting yang tidak kalah bagusnya. Single “Dia Dia Dia” juga ternyata sudah buatkan video klipnya dengan latar belakang bernuansa Eropa.

IMG_1018-1

Tidak sampai disitu, pada lagu berikutnya Fatin justru menunjukkan kemampuannya dalam membawakan lagu berirama rap lewat tembang “Jangan Kau Bohong”. Kali ini Fatin menggandeng duo rapper dari group New Kingz. Meskipun agak keteter mengimbangi gerakan duo New Kingz tapi sekali lagi Fatin bisa mengimbangi. Hal ini terlihat dari kondisi jilbabnya yang hampir menutupi kedua matanya.

IMG_1027-1

Ada sedikit cerita dia mengapa album perdananya ini bertajuk For You. Ternyata asal mulanya justru dari lagu yang dia bawakan waktu audisi X-Factor Indonesia. Kala itu dia membawakan lagu Grenade yang dipopulerkan oleh Bruno Mars. Nah dilirik lagunya ada kata-kata “foya”. Karena kata foya tersebut selanjutnya namanya sering disebut oleh fans dengan sebutan Fatin Foya. Nah dari situlah menurut dia asal mula ide pemakaian tajuk For You untuk albumnya, setidaknya dia berharap bahwa para fans sudah tidak asing lagi dengan kata-kata itu.

Kolaborasi berlanjut, pada bagian kedua konser, Fatin berduet dengan pentolan group band Vierra, Kevin Aprillio. Dia membawakan lagu milik Justin Bieber, “As Long As You Love Me”. Memiliki kesempatan berkolaborasi dengan Kevin menurut Fatin adalah bagian yang luar biasa. Sementara Kevin sendiri cukup senang bisa bekerjasama dengan Fatin dalam album perdananya. Intinya keduanya mengeluarkan pujian satu sama lain.

IMG_1041-1

Kemudian anak sulung Ahmad Dhani yaitu Al Ghazali meramaikan suasana dengan menjadi DJ membawakan lagu “Don’t You Worry Child” milik Swedish House Mafia. Kehadiran Al dalam konser Fatin cukup menarik perhatian dan dari barisan Fatinistic ternyata ada juga yang mengidolakan Al…:-)

IMG_1050-1

Setelah itu Fatin tampil Solo dengan membawakan lagu “Cahaya Langit Itu”. Lagu ini merupakan soundtrack dari film “99 Cahaya Di Langit Eropa” yang diangkat dari buku berjudul sama dengan penulis Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini sendiri diputar di bioskop tanah air mulai tanggal 5 Desember 2013. Artinya bulan ini boleh dikatakan bulannya Fatin, launching album perdana secara live dan pemutaran perdana dari film yang soundtracknya dinyanyikan oleh dia.

IMG_1070-1

Beragam kejutan pun terjadi di bagian akhir dari konser malam itu. dimana Mikha Angelo tampil sebagai host dan menayangkan cuplikan video saat Fatin diberikan “wejangan” oleh Rossa saat X Factor. Kemudian berlanjut dengan pemberian penghargaan atas penjualan album Fatin yang sudah menembus platinum. Hanya dalam waktu tiga minggu album Fatin For You mendapatkan 7 platinum. Pemberian penghargaan ini langsung diserahkan oleh pihak Sony Music Indonesia. Sekali lagi ini merupakan pencapaian yang cukup fantastic bagi seorang penyanyi pendatang baru.

IMG_1089-1

Mengakhiri rangkaian konser malam itu Fatin berkolaborasi dengan The Overtunes menyanyikan lagu “Kaulah Kamuku”. Duet mereka dalam lagu ini begitu kompak, seolah mempertegas bahwa gosip yang beredar selama ini bahwa mereka berpacaran benar adanya. Namun bagi Fatin, bekerjasama dengan Mikha bukanlah hal pertama. Sebelumnya, Fatin sudah beberapa kali berkolaborasi dengan dia pada beberapa acara televisi. Jadi sementara ini gosip itu tinggalnya gosip, untuk kenyataannya tentunya Fatin, Mikha dan tuhanlah yang tahu….:-)

IMG_1101-1

Suasana semakin meriah saat converty ditembakkan dari bibir panggung dan semua pengisi acara memberikan penghormatan terakhir di panggung.

IMG_1102-1

Dengan demikian berakhirlah rangkaian konser perdana dari album pertama Fatin For You malam itu. Secara keseluruhan konser berjalan lancar, meskipun ada beberapa kekurangan teknis, namun dapat tertutupi dengan tata panggung dan lighting yang baik. Sukses untuk Fatin dan salut untuk RCTI yang senantiasa komitmen untuk mengangkat talenta-talenta muda berbakat melalui program ajang pencarian bakat.

Fation For You

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: