Concert Review, Edisi Music

Dahsyatnya “Dahsyat Award RCTI 2014”

IMG_2257-1

Selasa malam, 21 Januari 2014, RCTI kembali menggelar sebuah perhelatan akbar bagi insan musik tanah air, yaitu malam penghargaan Dahsyat Awards 2014. Dahsyat Award adalah acara penganugerahan tahunan bagi para musisi tanah air yang tampil atau ditampilkan melalui tayangan acara Dahsyat di RCTI. Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah”Dahsyatnya Cinta Indonesia” dan merupakan ajang penghargaan tahun ke-enam. Bertempat di Hall D Gedung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta dan di tengah kepungan banjir yang melanda lokasi, acara ini sukses digelar.

Bersama dengan beberapa rekan dari Stage Photography Indonesia (SPI), kami mendapat undangan dari pihak RCTI untuk meliput jalannya acara. Awalnya agak pesimis untuk hadir, mengingat suasana Jakarta yang tidak kondusif dengan tingginya curah hujan dan banjir dimana-mana. Sampai dengan sore hari pada hari “h” mendapat kabar bahwa lokasi seputar gedung JIExpo masih dikepung genangan air. Genangan cukup tinggi justru terjadi di akses keluar tol kemayoran, di depan dan di halaman parkir. Namun pihak Marcomm RCTI mengambil langkah cepat dengan menyediakan bus-bus sedang dan besar untuk mengangkut undangan merapat ke lokasi. Saya pun mendapat info dari teman di RCTI bahwa tersedia bus yang akan berangkat dari RCTI ke lokasi. Singkat cerita saya dan beberapa rekan fotograper akhirnya bisa berangkat dengan menumpang bus yang disediakan tersebut.

Benar saja, sampai di lokasi genangan air masih tinggi dan sampai dengan pukul tujuh malam para undangan belum banyak yang datang. Namun show must go on, acara di blue carpet (tempat penyambutan artis yang hadir sudah dimulai). Kami bergegas ke ruang Pers untuk mendaftar dan mengambil ID Pers, baru menuju lokasi blue carpet. Dari lokasi blue carpet kami pun beranjak ke depan stage utama dan mengambil tempat yang sudah disediakan untuk Pers. Tepat pukul setengah delapan malam, acara pun dimulai dan disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi RCTI. Para host Dahsyat yang ikut memandu acara ini antara lain ada Raffi Ahmad, Luna Maya, Ayu Dewi, Denny Cagur dan Olga Syahputra.

Adapun mereka yang berhasil meraih penghargaan dapalm Dahsyat Awards 2014 adalah untuk kategori Pendatang Baru Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2014 adalah penyanyi pendatang baru, Fatin Shidqia Lubis. Untuk kategori Duo/ Group Kolaborasi Terdahsyat diraih oleh group vocal cewek JKT48.

IMG_2341-1

IMG_2276-1

Pemenang Kategori Penyanyi Solo Wanita Terdahsyat diraih oleh Syahrini, sementara peraih penghargaan sebagai Penyanyi Solo Pria Terdahsyat untuk tahun ini diberikan kepada Afgan.

IMG_2301-1

IMG_2302-1

IMG_2308-1

IMG_2324-1

Pemenang Kategori Dahsyatnya Indonesia Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2014 adalah Sanggar Ayodya Pala. Lalu selanjutnya pemenang Kategori Pasangan Terdahsyat adalah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

IMG_2333-1

IMG_2353-1

Untuk Kategori Host Tamu Terdahsyat diberikan kepada adik kandung Olga, yaitu Billy Syahputra dan penerima penghargaan sebagai Koreografer Terdahsyat disabet oleh Gigi Dance Company.

IMG_2367-1

IMG_2381-1

Pemenang Kategori Goyang Terdahsyat diberikan kepada Duo Sabun Colek. Selanjutnya pemenang Kategori Moment TerdahSyat di Dahsyat Awards tahun 2014 ini adalah Ketika Raffi Ahmad Kembali. Sebagaimana yang kita tahu, Raffi (yang menjadi host acara Dahsyat) pernah mendekam di penjara karena tersangkut kasus narkoba. Setelah bebas Raffi dipercaya kembali oleh pihak RCTI untuk tetap menjadi host acara tersebut.

IMG_2386-1

Pemenang Kategori Bintang Tamu Terdahsyat adalah Iskandar Widjaja. Kemudian ada juga pemenang Kategori Penonton/ Komunitas Terdahsyat yang diraih oleh NTMC POLRI dan KORLANTAS.

IMG_2458-1

Pemenang Kategori Penyanyi Dangdut Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2014 adalah Ayu Ting Ting, sayang Ayu Ting Ting malam itu tidak bisa hadir. Sementara pemenang Kategori Boyband/ Girlband Terdahsyat diraih oleh group vocal Super Girlies.

IMG_2482-1

Peraih Penghargaan Kota Terdahsyat dalam penayangan acara Dahsyat adalah Kota Palembang. Untuk Kategori Artis Terpedas di Dahsyatnya Awards 2014 lagi-lagi dianugerahkan kepada Ayu Ting Ting. Untuk Kategori Video Klip Terdahsyat adalah Video Klip ‘Hilang’ Penyanyi Mulan Jameela. Sementara Artis yang paling sering tampil di acara Dahsyat adalah penyanyi dangdut Zaskia Gotik.

IMG_2493-1

Pemenang Kategori Band Terdahsyat diraih group band Republik, yang mengalahkan group band NOAH. Namun demikian group band yang dimotori Ariel tersebut tetap memperoleh penghargaan melalui pemenang Kategori Model Video Klip Terdahsyat yang diraih oleh Chelsea Islan dalam video klip lagu ‘Tak Lagi Sama’.

IMG_2529-1

Terakhir adalah pemenang untuk Kategori Lagu Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2014 lagi-lagi diraih oleh group vocal JKT48 dengan lagunya “River”.

IMG_2551-1

Artis-artis tanah air yang hadir sebagai bintang tamu maupun tampil bernyanyi di atas panggung diantaranya adalah Wali, Tegar, Syahrini, Mulan Jameela, Astrid, Fatin Shidqia, Citra Scholastika, Ada Band, Alyssa Soebandono, Dude Herlino, Kotak, Ungu, Ajun Perwira, Billy Syahputra, Syahnaz Sadiqah, Lolita Putri, Marcell Chandrawinata, Mischa Chandrawinata, Ayu Sita, Zaskia Gotik, Nassar, Siti Badriah, 2 Unyu 2, Uya Kuya, Republik, Juwita Bahar, Jelita Bahar, dan beberapa penari pendukung.

IMG_2280-1

IMG_2316-1

IMG_2340-1

IMG_2345-1

IMG_2419-1

IMG_2453-1

IMG_2471-1

IMG_2509-1

Suksesnya acara malam itu tidak terlepas dari kerja keras barikade belakang layar. Tanpa mereka jalannya perhelatan akbar tersebut tidak akan berjalan dan ditonton oleh jutaan pemirsa televisi.

IMG_2399-1

IMG_2409-1

IMG_2478-1

IMG_2405-1

IMG_2496-1

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: