Concert Review, Edisi Music

Konser “Sparkling Night” Ari Lasso, Intim dan Bertabur Nostalgia

IMG_1339-1

Ari Lasso is back! Setelah sukses dengan konser tunggalnya di JHCC yang bertajuk “Sang Dewa Cinta” pada tahun 2013 lalu,  Ari Lasso kembali menggelar konser mini bertempat di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan pada rabu malam, 19 Februari 2014. Dalam konser yang diusung oleh Alexandria Entertainment ini, saya merasakan agak berbeda. Pihak penyelenggara sepertinya ingin membuat sedekat mungkin sang penyanyi dengan penggemarnya. Tidak ada pagar pembatas yang dipasang dan penonton langsung berdiri di sisi terdepan panggung. Tidak mau ketinggalan, bersama beberapa rekan media dan fotografer lainnya saya pun mengambil posisi tepat di bibir panggung. Mungkin konsep keintiman ini sengaja diangkat dalam konser yang bertajuk “Sparkling Night” tersebut guna mengobati rasa kangen penggemarnya.

IMG_1335-1

Dalam konser ini Te@ccoustic tampil sebagai band pembuka. Band yang beranggotakan tiga orang, membawakan lagu-lagu barat klasik untuk menghibur penonton yang mulai memadati depan panggung utama. Salah satu lagu yang membuat penonton ikut bernyanyi adalah  “To Be A Better Man” dari Robbie Wiliams dan “Starlight” karya band inggris Muse. Mereka juga membawakan lagu-lagu milik Mr.Big dan White Lion.

IMG_1254-0

IMG_1254-1

Sekitar pukul delapan malam, akhirnya sang penyanyi utama muncul. Tidak seperti konser-konser umumnya, diawal konsernya ini bukan suguhan lagu yang terdengar, Ari justru mengajak penonton yang hadir untuk menundukkan kepala sejenak mengheningkan cipta untuk saudara-saudara kita yang sedang dilanda musibah bencana alam, khususnya di kawasan Gunung Sinabung dan Gunung Kelud. Lagu “Badai Pasti Berlalu” mengalun kemudian seakan memberi dukungan untuk para korban bencana. Dilanjutkan dua hits nya “Cinta adalah Misteri” dan “Cinta Buta” sebelum akhirnya dia menyapa penonton.

IMG_1358-1

IMG_1342-1

Konser ini dibuat sedemikian nyaman dan akrab, tanpa barikade dan tanpa ada komando batasan dari panitia. Ari tak lupa mengucapkan terima kasih kepada penonton yang sudah hadir di Rollingstone Cafe dan berlaku tertib. Lagu-lagu hits -nya yang lain mengalir satu per satu seperti Patah Hati, Arti Cinta, Karena Aku T’lah Denganmu, Tulus, Penjaga Hati, Mengejar Matahari, Perbedaan, Lirih, dan Cinta Sejati.

IMG_1364-1

IMG_1332-1

IMG_1439-1

IMG_1381-1

Dari barisan penonton, beberapa musisi yang sempat berkolaborasi atau bekerjasama dengan Ari nampak hadir. Sebut saja Andi Rianto, Bunga Citra Lestari (yang malam itu hadir dengan suaminya), dan juga Andra Ramadhan serta Yuke Sampurno duo pentolan band Dewa 19. Tanpa direncanakan sebelumnya, Ari pun mengajak mereka untuk berduet di panggung. Pada giliran pertama Ari mengundang Andi Riyanto untuk berduet membawakan lagu “Mengejar Matahari”. Keduanya terlibat kerjasama untuk penggarapan lagu dari soundtrack film dengan judul yang sama.

IMG_1369-1

IMG_1374-1

Melihat kehadiran Bunga Citra Lestari (BCL), Ari pun mengajaknya untuk naik ke atas panggung dan membawakan lagu duet mereka “Aku dan Dirimu”. BCL yang malam itu tampil casual jelas terlihat kaget diminta Ari berduet. Tapi duet yang tidak direncanakan ini justru sukses dan disambut riuh tepuk tangan penonton.

IMG_1392-1

IMG_1393-1

IMG_1403-1

Kehadiran dua sahabatnya dari Dewa 19, Andra Ramadhan dan Yuke Sampurno, juga tidak disia-siakan Ari. Untuk mengobati kerinduan para Baladewa yang juga hadir malam itu, Ari memanggil kedua sahabatnya itu untuk tampil di panggung. Ari bahkan sempat berceloteh bahwa kehadiran para sahabatnya malam itu cukup mengganggu songlist yang sudah disusunnya. Dengan gitar dan bass pinjaman dari pemain band pengiringnya, mereka bertiga membuat penonton yang hadir bernostalgia dengan beberapa lagu Dewa 19, seperti “Cukup Siti Nurbaya”, “Kangen” dan “Kamulah Satu-satunya”.

IMG_1422-0

IMG_1422-1

IMG_1444-1

Dari hampir dua jam penampilannya, Ari Lasso sukses membawakan dua puluh lagu. Dua lagu lawas Ari Lasso, “Misteri Ilahi” dan “Hampa” pun sukses menutup ‘Sparkling Night’ malam itu.

IMG_1461-1

IMG_1453-1

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: