Edisi Event

Pentas Tarian Kecak @ Tanah Lot Bali

Zasmi Arel_IMG_3320-2

GOSTAGE.com – Kecak adalah salah satu tarian khas asli Bali. Bicara pementasan kecak merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali, mau mancanegara maupun wisatawan lokal. Pada kesempatan kunjungan ke Bali saya pun menyempatkan diri untuk menyaksikan penampilan para penari kecak. Ada beberapa lokasi wisata di Bali yang menggelar pertunjukkan tarian kecak, seperti kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Tanah Lot. Pertunjukkan ini biasanya dilakukan setelah matahari terbenam. Tanggal 25 September 2014, ketepatan saya berkunjung ke Tanah Lot untuk mengabadikan nuansa sunset. Kesempatan ini tentunya tidak saya sia-siakan untuk menyaksikan pementasan tarian kecak setelahnya.

DI Tanah lot sendiri pementasan Tarian Kecak dilakukan tiap hari, waktunya sekali lagi setelah matahari terbenam. Untuk dapat menyaksikan tarian kecak ini kita harus merogoh kocek tambahan sebesar lima puluh ribu. Lokasi pertunjukkan tidak terlalu besar, tepatnya sebesar lapangan bulu tangkis. Selain hadir untuk menyaksikan niat utama saya adalah untuk mengabadikan. Agak khawatir juga dengan kondisi pencahayaan yang sangat minim. Namun karena sudah bertekad bagaimana caranya ya harus bisa memotret.

Para penonton yang hadir bersama saya lumayan banyak juga. Di sebelah kiri saya kebetulan turis dari Jepang dan di kanan saya adalah pasangan suami istri dari Australia. Sama seperti saya, mereka dan semua penonton yang hadir disana sangat antusias menyaksikan jalannya pementasan. Benar saja, kekhawatiran saya terbukti, sepanjangan pementasan yang berdurasi sekitar satu jam penuh, pencahayaan sangat minim, dan bagi yang tidak terbiasa dengan nuansa pertunjukkan kontemporer maka jalannya pementasan ini akan sangat membosankan. Namun semakin berlangsung pertunjukkan semakin mengasyikkan. Meskipun dikemas secara sederhana, entah mengapa saya merasakan alurnya sangat menarik. Saya sesekali melihat penonton yang lain, sama seperti saya…semuanya begitu menikmati sampai dengan akhir cerita.

Yang menarik lagi adalah, setelah pertunjukkan usai, penonton diberi kesempatan untuk berpoto dengan para pelaku cerita dalam suasana yang dibuat sangat akrab. Bagi saya pribadi, inilah pertunjukkan seni kontemporer pertama yang saya tonton yang dikemas secara sederhana, tapi begitu menimbulkan kesan menarik dan menonjolkan kekhasan dari salah satu budaya Indonesia.

Bagi yang hendak mengabadikan seperti saya, sedikit tips dari saya, khususnya jika berkesempatan menyaksikan pementasan tarian kecak di Tanah Lot. Datang lebih awal supaya bisa memilih lokasi duduk di baris terdepan dan di posisi tengah sehingga kita bisa leluasa untuk mengambil gambar. Meskipun kita diperkenankan untuk memotret, tidak ada salahnya kita bertanya kepada petugas di loket jaga apakah boleh memotret dengan menggunakan lampu blitz (flash) atau tidak, sehingga tidak mengganggu jalannya pementasan. Karena kondisi cahaya yang minim, maka pilihan penggunaan lensa dengan bukaan besar akan sangat mendukung dan jika ternyata tidak diperkenankan menggunakan lampu blitz (flash), maka memakaian kamera dengan hasil yang baik di ISO tinggi juga akan sangat membantu. Pada foto-foto saya, kebetulan diambil dengan Canon EOS 6D (full frame) dengan lensa yang berbukaan maksimal F/4 tanpa menggunakan lampu flash (karena memang belum punya..hehehe). Dengan kondisi pencahayaan yang sangat minim dan ditambah para penari sebagian besar dalam alur cerita terus bergerak, saya akhirnya memakai ISO tinggi (sampai dengan ISO 8000) untuk foto foto saya. Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.

Zasmi Arel_IMG_3296-2

Zasmi Arel_IMG_3298-2

Zasmi Arel_IMG_3306-2

Zasmi Arel_IMG_3307-2

Zasmi Arel_IMG_3309-2

Zasmi Arel_IMG_3311-2

Zasmi Arel_IMG_3312-2

Zasmi Arel_IMG_3314-2

Zasmi Arel_IMG_3315-2

Zasmi Arel_IMG_3316-2

Zasmi Arel_IMG_3318-2

Zasmi Arel_IMG_3327-2

Zasmi Arel_IMG_3328-2

Zasmi Arel_IMG_3329-2

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

7 thoughts on “Pentas Tarian Kecak @ Tanah Lot Bali

  1. ajakin saya ke bali donk om😀

    Posted by Danan Wahyu Sumirat | 12 October 2014, 4:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: