Edisi Music, Music News

Bersiaplah untuk Nge-jazz di Jazz Goes To Campus (JGTC) 2015

Zasmi Arel_IMG_6775-0

GO-STAGE.com – Jazz Goes to Campus (JGTC) merupakan festival jazz tertua di Indonesia yang diselanggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Tahun ini JGTC Festival telah memasuki pelaksanaannya yang ke-38, yang rencananya diadakan pada tanggal 29 November 2015 di Kampus FEB UI, Depok.

Tujuan dari JGTC adalah untuk menjadi acara yang dapat melekat secara emosional di dalam hati musisi jazz, penyelenggara, penonton, dan seluruh pihak yang ikut membangun dari waktu ke waktu. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “The Thrill is Back” yang dimaksudkan untuk menciptakan emotional experience kepada seluruh stakeholder yang bersangkutan. Thrill yang ingin dibawa tahun ini merupakan rangkuman dari seluruh rasa yang telah ada di JGTC sebelumnya ditambah dengan sensasi baru yang akan tercipta di tahun ini.

Zasmi Arel_IMG_6730-0

JGTC memiliki beberapa rangkaian acara sebelum hari festival, dimulai dengan JGTC Opening & Press Conference yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2015 di Institut Francais de Indonesia. Tujuannya adalah sebagai pembukaan acara secara simbolik. Panelis dari JGTC Opening and Press Conference merupakan pihak yang pernah terlibat di dunia musik jazz Indonesia, yaitu Gerald Situmorang, dan “Maliq and The D’Essentials”. Gerald Situmorang dan Solace turut tampil memberikan performance sebagai pengisi acara di JGTC Opening and Press Conference.

Jika pada JGTC Festival tahun lalu (JGTC ke 37th) Glenn Fredly sukses dinobat menjadi artis penutup, dalam perhelatan JGTC ke-38 tahun ini giliran group band Maliq and The D’Essentials yang akan dinobat menjadi band pamungkas. Dalam kesempatan jumpa pers tersebut, Indah dan beberapa personil Maliq and The D’Essentials turut hadir dan menyatakan deg-degan dinobat sebagai band penutup. Namun mereka menyatakan kesiapannya. Sekian lama tidak tampil dalam acara JGTC, tahun ini mereka diundang dan bahkan dijadikan band penutup. Karenanya segala persiapan dilakukan Maliq D’Essentials demi memaksimalkan penampilannya nanti.

Zasmi Arel_IMG_6751-0

Pada tanggal 1 November 2015, bertempat di The Resonanz Music Studio and Entertainment, Kebayoran Baru akan diadakan JGTC Clinic yang diperuntukkan bagi peserta JGTC Competition. JGTC Clinic akan diberikan oleh Achmad Ananda, Gilang Ramadhan, Sri Hanuraga, dan Kevin Yosua yang ditujukan untuk membekali peserta JGTC Competition serta berbagi pengetahuan tentang industri musik jazz di Indonesia dan kemampuan teknis memainkan instrumen musik yang spesifik.

JGTC Competition yang telah berjasa dalam melahirkan beberapa musisi jazz baru di Indonesia kini kembali diselenggarakan. Pada tahun ini peserta JGTC Competition akan diseleksi oleh para juri yang terdiri dari Riza Arshad, Gilang Ramadhan, dan Robert Mulia Raharja. JGTC Competition sendiri terdiri dari dua babak, yaitu Qualification Round yang diadakan pada tanggal 7 November 2015 dan Final Round yang diadakan pada tanggal 21 November 2015 di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta.

Rangkaian acara yang mengiringi JGTC berikutnya adalah JGTC Roadshow yang tahun ini diadakan di Kota Solo, tepatnya di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tanggal 13 November 2015. Dalam menjalankan acara ini, panitia JGTC bekerja sama dengan panitia lokal dari kampus UNS dalam mengadakan sebuah pertujukan yang betujuan untuk membentuk euforia Jazz Goes to Campus dan memperkenalkannya kepada kota lain. JGTC Roadshow akan dimeriahkan oleh Sri Hanuraga Trio yang akan tampil sebagai pengisi acara.

Sebagai bentuk Social Responsibility dari acara kami, JGTC menyalurkan JGTC Scholarship untuk mahasiswa FEB UI. Penggalangan Dana untuk beasiswa ini dilakukan dengan mengadakan JGTC Gathering & Charity Night yang merupakan malam apresiasi untuk para donatur dan panitia JGTC terdahulu. JGTC Gathering & Charity Night dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015 di Grand Mahakam Lounge, Hotel Borobudur dimeriahkan dengan penampilan khusus dari Solace.

Puncak dari seluruh rangkaian acara The 38th JGTC adalah JGTC Festival. JGTC Festival yang telah berhasil membawa lebih dari 20.000 penonton selama beberapa tahun terakhir memiliki 4 buah stage. Performer dari JGTC Festival merupakan musisi yang telah berada di dunia musik internasional maupun nasional. Beberapa musisi internasional yang pernah ada di JGTC Festival yaitu, DEPAPEPE, Sondre Lerche, dan lain-lain.

Tahun ini JGTC Festival membawa musisi asal Australia dan Prancis, yaitu Lenka dan Eric Legnini Trio. Dengan suguhan musik yang dapat memanjakan telinga para penonton diharapkan dapat menyebarkan rasa cinta terhadap musik jazz. Akan diadakan pula JGTC Museum yang akan menceritakan tentang perjalanan musik jazz dan sejarah Jazz Goes To Campus, JGTC Choice Awards yang akan kembali memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para insan Jazz yang terpilih ke dalam beberapa kategori, dan berbagai jenis stand bazaar di venue JGTC Festival.

Line-up! Artis International yang akan tampil adalah: Lenka (Australia) dan Eric Legnini Trio (France). Sedangkan para artis dalam negeri yang sudah memastikan diri untuk tampil di JGTC ke-38 adalah: Maliq & D’Essentials, Raisa, Indra Lesmana ft. Eva Celia, Dewa Budjana, Krakatau Reunion, Isyana Sarasvati, Baim dan Gugun Blues Shelter, Danilla, Sri Hanuraga Trio, Gerald Situmorang Trio, Art of Tree, dan Sentimental Moods.

JGTC-38

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: