Edisi Music, Music News

Jazz Traffic Festival 2016 Tetap Padukan Musik Jazz dan Genre Non Jazz

Zasmi Arel_IMG_7678-0

GO-STAGE.com – Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 yang akan diselenggarakan di Grand City Convex, Surabaya pada 27-28 Agustus 2016 mendatang akan tetap memadukan nuansa musik jazz dan genre non jazz. Setidaknya itulah pernyataan yang disampaikan Errol Jonathans selaku Direktur Utama Suara Surabaya Media, sekaligus penanggung jawab PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space.

Errol mengatakan bahwa jika biasanya JTF memadukan komposisi seimbang antara musik jazz dan genre non-jazz, maka pada pelaksanaan JTF kali ini, komposisi jazz akan lebih terasa dan akan dibuat lebih mengental. Meskipun ada kelompok baru tapi orientasinya tetap ke jazz.

Meski begitu, beragam aliran tetap saja akan terwadahi di PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space ini. Di antaranya “Idang Rasjidi” yang akan mewakili jazz mainstream. Kemudian ada “The Groove” pada genre fusion jazz (genre campuran) dan “Ari Lasso” yang mewakili non-jazz. Jazz yang lebih futuristik juga akan ditampilkan dengan akan tampilnya “Dua Drum”. Kelompok keroncong juga mendapat tempat dengan mengusung jazz etnik. Selain itu, lebih dari 200 musisi yang tergabung dalam 40 performances juga akan memeriahkan JTF 2016 kali ini. Nanti akan banyak penampilan generasi baru dalam dunia jazz yang pendekatannya tidak lagi semata-mata mengandalkan jazz mainstream tapi juga kreasi mereka yang disesuaikan dengan generasi kekinian.

Errol mengakui bahwa di festival jazz di belahan dunia manapun tidak pernah ada yang murni mengusung jazz mainstream. Selalu saja memadukan dengan ganre non jazz karena festival sejatinya adalah ruang untuk menyatukan bahwa musik adalah bahasa universal. Karenanya PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space ini sekaligus sebagai ruang untuk saling mengenal diantara para penyuka beragam aliran. PP Properti JTF 2016 juga menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan mengasah apresiasi masing-masing gendre sehingga setiap yang penonton yang datang, apapun kesukaan musiknya, tetap akan mendapatkan seleranya plus bisa berinteraksi dengan selera musik orang lain.

Errol juga mengatakan bahwa PP Properti JTF 2016 ini sebenarnya tak bisa dilepaskan dengan program siaran Jazz Traffic di Radio Suara Surabaya yang telah mengudara sejak tahun 1983 dimana sejak saat itu Jazz Traffic tidak hanya memutar musik-musik jazz di radio, melainkan juga memberikan apresiasi dan edukasi terhadap musik jazz. Hasilnya, saat ini mulai muncul musisi-musisi lokal yang berkiprah di dunia jazz. Festival-festival jazz saat ini juga tumbuh subur di berbagai daerah.

Bagi PT. PP Properti sendiri, meski tak memiliki keterikatan pada industri musik, khususnya jazz, pada gelaran JTF 2016 ini mereka sengaja masuk untuk membantu mengembangkan serta merawat gairah jazz di Indonesia.

Rudy Harsono selaku Project Director PP Properti mengatakan bahwa selama ini, PP Properti hanya terlihat membangun fasilitas hunian, apartemen, mall, hotel dan office, tapi sebenarnya kami juga concern dalam pembangunan social life dan entertainment bagi masyarakat perkotaan, salah satunya kami terlibat di JTF kali ini. Dengan PP Properti JTF 2016 ini pula, PP Properti berharap masyarakat lebih mengenal PP Properti bukan semata urusannya dengan pembangunan kawasan, tapi juga mengajak untuk lebih bisa bersosialisasi, berbisnis, sekaligus bisa enjoy menikmati kehidupan kota sambil ngejazz bareng di gelaran JTF 2016.

Penonton PP Properti JTF 2016 Beyond Space kali ini akan dimanjakan dengan adanya 3 panggung utama di 3 venue yang berbeda, yaitu di Convention Hall lantai 3 (indoor), Exhibition Hall lantai dasar (indoor) dan area parkir (outdoor), serta ada sebuah mini stage.

Pada hari pertama, Sabtu 27 Agustus 2016, panggung PP Properti JTF 2016 Beyond Space bakal dimeriahkan penampilan Glenn Fredly, Fariz RM, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Maliq & D’Essentials, Idang Rasjidi, The Groove, Virzha, Sierra Soetedjo, Dua Drum, Alsa Quartet, Andre Hehanussa, MLD Jazz Project, Lyla, Danilla, Yuka, Korek Jazz, Best Friends Project, Trisouls, F Jazz C, dan Beat Project.

Kemudian di hari kedua, Minggu 28 Agustus 2016 musisi yang bakal tampil antara lain Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection feat Lea Simanjuntak, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, Indro Hardjodikoro, Fusion Stuff, HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi Dkk, Keroncong Liwet Java Kromatic, Vertical Band, ITS Jazz Band, Star Project Jazz, dan  Semen Indonesia Jazz Band.

Tiket PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space ini bisa diperoleh di Kantor Radio Suara Surabaya Jalan Wonokitri Besar 40 C, Surabaya, telepon 031-5683040, dan Kantor M Radio Jalan Ngagel Madya 15-15A Surabaya.

Photo by Zasmi Arel (Eva Celia di JTF 2015)

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: