Music News

Sheila On 7 Menutup Hari Pertama Jazz Traffic Festival 2017

GO-STAGE.com – Hari pertama Jazz Traffic Festival (JTF) 2017 Soul of Freedom menyuguhkan 19 perform serta lebih dari 100 artis. Lima panggung utama di 3 venue berbeda, yaitu Convention Hall lantai 3, Exhibition Hall lantai dasar dan area parkir, serta sebuah mini stage telah menghibur jazz lovers di hari pertama.

Ada kejutan di hari pertama ini dengan tampilnya Weird Genius Trio, sebuah band beraliran Electronik Dance Music (EDM). Band beranggotakan Reza Arap Oktovian, Eka Gustiwana dan Billy Tanner benar-benar tampil lepas dalam Jazz Traffic Festival 2017 di hari pertama, Jumat (18/8/2017) malam.

Weird Genius Trio seakan ingin membuktikan kualitas penampilan yang swag dengan lagu-lagu kekinian tapi dikemas catchy dan genius oleh Billy Tanner dan Eka Gustiwana.

Tema Jazz Traffic Festival Soul of Freedom sepertinya memang sangat terwakili oleh penampilan Weird Genius. Meski tak beraliran jazz, namun mereka tetap memukau dengan menampilkan beberapa lagu seperti Despacito, By Your Side, Uptown Funk dan Good Boy milik G-Dragon.

Selain Weird Genius Trio, beberapa artis juga tampil di hari pertama ini diantaranya adalah Indra Keytar Trio (Indra Lesmana, Sandy Winarto, Indra Gupta); kemudian Teza Sumendra; Mocca; Drummer 3G; Efek Rumah Kaca serta Samy Thiebautt Quartet.

Elfa`s Singer yang kental nuansa Jazznya juga mampu tampil cukup baik. Lita Zein bahkan bilang “Puas banget, hepi banget, bahkan sesudah turun panggung, kita masih semangat banget. Ga kerasa satu jam tampil”.

Jazz Traffic di hari pertama ini ditutup dengan penampilan Sheila on7 yang tampil di Suara Surabaya Stage Outdoor. Sejak lagu pertama, band beranggotakan Duta, Eross, Adam dan Brian itu langsung menghentak panggung dengan penampilan antraktif.

Selain atraktif, Sheila On 7 juga menampilkan warna lain di beberapa lagu yang mereka bawakan. Seperti intro Betapa yang dibuat EDM, atau intro JAP yang dibuat lebih kaya suara dengan suara drum.

Pesta jazz di hari pertama ini ditutup dengan atraksi kembang api dari atas Grand City  yang disambut histeris para penonton yang setiap menunggu hingga letusan kembang api terakhir.

Jazz Traffic Festival 2017 pada 18-19 Agustus di Grand City Surabaya kali ini sangat istimewa karena berbarengan dengan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. “Maka nikmatilah kemerdekaan ini dengan penuh syukur. Syukurilah juga kemerdekaan Jazz di JTF 2017 sebagai anugerah kehidupan. Persis seperti ujaran jazzer, trompetis dan vokalis bersuara serak Louis Arsmtrong: What we play is life,” ujarnyaujar Errol Jonathans, Direktur Utama Suara Surabaya Media.

Spirit kemerdekaan inilah yang akan ditangkap dalam dua hari JTF 2017 bersama lebih dari dari 300 musisi. Mereka yang akan tampil diantaranya adalah Indra Lesmana Keytar Trio, dan JOC yang akan mewakili jazz mainstream; kemudian Yura Yunita pada genre fusion jazz (Genre campuran) serta Virgoun dan Sheila on 7 pada genre non jazz.

Jazz yang lebih futuristik juga akan ditampilkan di JTF 2017 ini dengan datangnya Budjana Zentuary. Selain itu, lebih dari 200 musisi yang tergabung dalam 40 perform juga akan memeriahkan JTF 2017 kali ini.

“Juga banyak penampilan generasi baru dalam dunia jazz yang pendekatannya tidak lagi semata-mata mengandalkan jazz mainstream tapi juga kreasi mereka yang disesuaikan dengan generasi kekinian,” kata Errol.

Sementara itu, jika di JTF sebelumnya hanya ada tiga panggung utama di tiga venue berbeda. Pada JTF 2017 kali ini, jumlah panggung utama akan ditambah menjadi empat yaitu satu panggung di Convention Hall lantai tiga (indoor), satu panggung di Exhibition Hall lantai dasar (indoor) dan dua di area parkir (outdoor).

“Sejak pukul 16.00 WIB di hari Jumat dan pukul 14.00 WIB di hari Sabtu, pengunjung akan nonstop mendapatkan alunan jazz, tidak ada jeda,” kata Rudy Hartono, Sekretaris Eksekutif JTF 2017.

Di hari kedua, Sabtu 19 Agustus 2017 musisi yang bakal tampil antara lain Virgoun, Dwiki Darmawan Pasar Klewer feat Sruti, 2D (Deddy Dukun dan Dian Permana), Budjana Zentuary, Anji, Sheila and The Upmost, Stars and Rabbit, Barasuara, Lala Karmela, JOC,  Elfa`s Singers, Sammy Simorangkir, Beben Jazz, Float dan artis lainnya.

Photo by Wibie Wibisana

Advertisements

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: