Music News

Java Jazz Festival 2018 Kembali Akan Digelar

GO-STAGE.com – PT. Java Festival Production menggelar jumpa pers Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 pada Kamis, 18 Januari 2018 di No Boundary Cafe, Kemang pertanda akan digelarnya perhelatan akbar musik jazz tahunan tersebut.

Kecintaan seseorang terhadap musik terkadang sulit untuk digambarkan atau diungkapkan, kepiawaian para pemusikmemainkan alat musik, membuat penonton berdecak kagum menikmati setiap nadayang terdengar. Dan kini sudah waktunya bagi para penikmat musik untuk datang dan hadir di festival jazz terbesar di Asia, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 ke-14 yang akan diselenggarakan pada tanggal 2,3 dan 4 Maret 2018 bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada tahun ke-14 perhelatannya, tagline yang diangkat adalah “Celebrate Jazz in Diversity”. Tidak banyak yang tahu jika musik jazz adalah salah satu ikon musik abad ke-20 yang lahir di Amerika Serikat yang merupakan proses akulturasi unsur budaya Afrika dengan unsur musik Eropa. Jazz sendiri sangat beragam. Ada Smooth Jazz yaitu percampuran dengan R n B yang berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion. Fusion Jazz, jazz mainstream yang didalamnya ada rock dan funk. Lalu ada Acid Jazz yang menggabungkan elemen-elemen musik soul, funk, dan disco. Beberapa subgenre jazz lainnya adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz dan Cafjazz. Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 mencoba menjadi wadah bagi semua pencinta musik maupun artis-artis dari begitu beragamnya genre musik jazz diatas.

Dalam jumpa pers tersebut Dewi Gonta selaku Direktur PT. Java Festival Production menginformasikan bahwa penyuguhan BNIJJF 2018 kali ini akan digelar pada 10 panggung (indoor dan outdoor). Sesuai dengan tagline yang diangkat maka BNIJJF akan diisi beragam artis dan jenis musik yang luas sehingga mampu menyuguhkan festival untuk semua orang dan kalangan.

Dewi menambahkan bahwa tidak ada pengurangan unsur Jazz pada BNIJJF 2018. Justru sebaliknya, pihaknya mencoba memperkayanya, mulai dari nama Lee Ritenour pemain gitar jazz asal Amerika hingga Daniel Caesar, yang mendapatkan nominasi Best R&B Performance pada Grammy Award 2018. Dari musisi lokal sendiri akan dihadirkan musisi legenda jazz tanah air Margie Segers hingga Glenn Fredly.

BNIJJF 2018 turut mengundang semua orang yang belum mengenal musik jazz sekalipun. Pengunjung dapat menjelajahi festival dengan menikmati berbagai suguhan musik, makanan maupun minuman yang beragam serta aktivitas menarik lainnya yang ditawarkan oleh para sponsor maupun partner.

Adapun musisi yang saat ini sudah memberikan konfirmasi untuk tampil, dari deretan musisi macanegara dan digadang menjadi special show diantaranya ada band asal Amerika, GOO GOO DOLLS yang tersohor lewat single “Iris”, “Name”, Sympathy”, “Big Machines” dan masih banyak single lainnya. Group ini telah memberikan konfirmasi untuk tampil pada hari ketiga, Minggu, 4 Maret 2018.

Special show lainnya adalah Daniel Caesar yang meraih nominasi Best R&B Performance Grammy Award 2018. Caesar akan tampil pada Sabtu, 3 Maret 2018. Lalu ada Lauv, pemuda berbakat dan jenius yang terobsesi akan musik sejak berusia 13 tahun. Dia akan tampil pada hari Minggu, 4 Maret 2018. Lalu ada juga Dionne Warwick, legendaris yang telah memenangkan beberapa Grammy Awards untuk kategori Best Female Pop Vocalist dan Best Female R&B Vocalist, dan masih banyak penghargaan lainnya.

Nama-nama musisi mancanegara lainnya yang akan memeriahkan BNIJJF 2018 adalah Matthew Whitaker Trio, Avery*Sunshine, JP Cooper, Kennedy Administration, Ivan Lins, Newyork Voices, Jhene Aiko, Lee Ritenour, BJ THe Chicago Kid, Maysa Leak, The Commodores, Vanessa Williams, Ron King Big Band, The Danish Radio Big Band, The Urban Renewal Project, Curtis Stigers, Elan Trotman, Jeff Lorber, Michael Manson, Maya Azucena, Marion Mcclain, Gorden Camphell, dan masik banyak lagi.

Sementara musisi tanah air yang akan tampil diantaranya adalah Kunto Aji, Nonaria, Andien, Dira Sugandhi, Adhitia Sofyan, Java Jive x Fariz RM, Jordy Waelauruw, Mondo Gascaro, Maliq & D’essentials, Tashoora, Tomorrow People Ensemble, The Daunas, Yura dan masih banyak lagi.

Hal menarik lainnya adalah kolaborasi spesial yang sedang dipersiapkan oleh tim program JJF 2018, baik itu sesama musisi tanah air, asing maupun keduanya. Karena hal itu sekali lagi menunjukkan bahwa BNIJJF telah menjadi festival jazz yang strategis dan penting.

Dalam perhelatan tahun ke-14 ini PT. Java Festival Production kembali menggandeng sponsor yaitu PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Garuda Indonesia, dan Avrist. BNI kembali menjadi hadir sebagai pendukung utama Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018. Bagi BNI ajang ini menjadi kesempatan tepat untuk memperkenalkan produk-produk perbankan mereka. Disamping itu BNI juga telah mempersiapkan berbagai program menarik untuk para nasabah yang akan menghadiri festival. BNI juga mempertahankan program Buy 1 Get 2 tiket untuk tiket daily pass dengan menggunakan Kartu Kredit dan Debit BNI. Selain itu Program Installment bunga 0% selama 3 bulan untuk pembelian tiket minimal IDR 500.000, serta potongan hingga 50% dengan memanfaatkan BNI reward points dari Kartu Kredit BNI.

Program lainnya adalah program loyalty untuk nasabah BNI Emerald dan program pembukaan rekening BNI dengan nominal tertentu yang dapat dilakukan secara online di website resmi BNI Java Jazz Festival 2018 atau offline di lobby kantor BNI pusat di Jalan Jenderal Sudirman dan kantor Java Festival Production di Simprug.

Setali dengan BNI, pihak Garuda Indonesia juga mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan BNIJJF 2018 yang merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia sebagai “National Flag Carrier” untuk terus berperan serta mensukseskan festival ini. Sebagai Official Airline, Garuda Indonesia menerbangkan para artis BNIJJF 2018 dari kota dan negara masing-masing ke Jakarta dengan layanan penerbangan bintang 5 sehingga dapat tampil dalam event tersebut dengan sukses.

Sementara bagi Avrist Assurance, tahun ini pihaknya merayakan satu lustrum kolaborasi bersama BNIJJF dengan mempersembahkan pengalaman terbaru #SafeAndSound yang makin inspriratif, kreatif, dan atraktif bagi seluruh musisi, kru dan pengunjung BNIJJF 2018. Dengan program ini Avrist ingin mengajak seluruh partisipan untuk bermusik, menikmati musik, dan menyelenggarakan konser dengan bebas dan membawa pengalaman nyaman.

Untuk informasi perkembangan persiapan BNIJJF 2018 bisa dilihat melalui website http://www.javajazzfestival.com, instagram @javajazzfest, Facebook Jakarta International Java Jazz Festival, dan twitter @JavaJazzFest, atau dengan menonton video dari tahun ke tahun di akun youtube official Java Jazz Fest.

Photo by: Zasmi Arel

 

 

Advertisements

About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: