Concerts Review

Reuni Dewa 19 dengan Ari Lasso dan Once Mekel Memecahkan Hari Terakhir Synchronize Festival 2018

GO-STAGE.com – Penyelenggaraan Synchronize Festival 2018 hari terakhir, Minggu, 7 Oktober 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta dipecahkan oleh reuni yang manis group Dewa 19 feat Ari Lasso dan Once Mekel.

Penampilan group yang lagu-lagunya masih disukai hingga sekarang memang menjadi catatan pencapaian tersendiri dari penyelenggaraan Synchronize Festival 2018. Betapa tidak Ahmad Dhani selaku pentolan Dewa 19 dapat mengobati ke”kangen”an penggemarnya terhadap dua mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso dan Once Mekel.

Malam itu Dewa 19 tampil prima. Lagu-lagu yang dibawakan hampir semuanya bisa dikatakan sesuai dengan versi aslinya. Pada segmen awal, Ari Lasso tampil terlebih dahulu. Ari Lasso mengawali penampilannya dengan membawakan lagu “Restoe Boemi”. Begitu hafalnya penonton sehingga dari not pertama dimainkan penonton langsung menyambut dengan riuh gempita dan tentunya diiringi dengan bernyanyi bersama dengan sang vokalis dari awal sampai akhir lagu.

Begitu juga dengan lagu berikutnya yang dibawakan Ari Lasso, “Cukup Siti Nurbaya”, “Aku Disini Untukmu”, “Satu Hati”, “Cintakan Membawamu”, “Kirana”, dan lagu yang sangat fenomenal “Kangen” habis dilahap penonton. Ari Lasso sendiri pun begitu menikmati antusias penonton malam itu yang begitu hafalnya setiap lirik lagu yang dibawakannya.

Pada segmen berikutnya giliran Once Mekel yang tampil. Berbeda dengan Ari Lasso, Once Mekel memang sangat jarang tampil dengan Dewa 19. Wajar kemudian penonton malam itu begitu gempita menyambut kemunculannya.

Malam itu, Once membawakan lagu lagu dari Album Dewa 19 dimana dia sebagai vokalisnya. Once membuka dengan “Mukadimah” dan “Roman Picisan”. Sekali lagi, pelataran Dynamic Stage menjadi karaoke massal. Penonton yang sudah memadati dan menunggu tampilnya group ini sejak setelah magrib seolah tanpa capek sedikit pun dan ikut menikmati.

Once tidak banyak bicara, dia melanjutkan penampilannya dengan lagu “Sayap-Sayap Patah”, “Dua Sejoli”, “Risalah Hati”, “Cemburu”, “Lagu Cinta”, kemudian lagu yang begitu dinanti penonton “Arjuna”, “Pupus”, dan “Air Mata” yang dibawakannya duet dengan Andra Ramdahan. Sama dengan ketika Ari Lasso tampil, semua lagu yang dibawakan Once dihafal dan dinyanyikan bersama oleh penonton.

Penampilan Dewa 19 feat Ari Lasso dan Once Mekel malam itu diakhiri dengan tampil barengnya Ari Lasso dan Once Mekel di atas panggung dengan membawakan lagu yang membuat pecah suasana area Dynamic Stage malam itu, “Kamulah Satu-Satunya”.

Tidak hanya Dewa 19, penampilan Padi Reborn yang baru pertamanya tampil di Synchronize Festival juga disambut antusias oleh penonton. Tampil di panggung yang sama sebelum Dewa 19, Fadly dan kawan kawan tampil membawakan tembang tembang Padi yang sudah sangat familiar di telinga penonton. Sama dengan Dewa, Padi Reborn juga membawakan lagu lagu mereka tanpa banyak improvisasi alias dengan versi aslinya. Saat kesempatan Press Conference Fadly sudah mengatakan bahwa itu mengobati kekangenan penonton terhadap lagu lagu Padi itu menjadi janji yang akan mereka tampilkan di Synchronize Festival.

Janji itu benar-benar dipenuhi oleh Fadly, Piyu, Ari, Yoyok dan Hindra. Malam itu mereka membawakan lagu lagu pilihan diantaranya “Sang Penghibur”, “Bayangkanlah” yang seolah didedikasikan untuk para korban gempa di Palu dan Donggala, “Mahadewi”, “Begitu Indah”, “Menanti Sebuah Jawaban”, “Seandainya Bisa Memilih”, dan “Semua Tak Sama”. Meskipun sempat diwarnai dengan on off nya sound system, terutama dari microphone yang dipegang sang vokalis, namun penampilan Padi Reborn malam itu sungguh luar biasa dan terbukti berhasil mengobati kekangenan penonton yang datang.

Selain dua group Padi Reborn dan Dewa 19 feat Ari Lasso dan Once Mekel, hari ketiga (terakhir) Synchronize Fest 2018 juga dimeriahkan puluhan musisi lainnya. Pada panggung yang sama dengan Padi Reborn dan Dewa 19, Dynamic Stage, sudah tampil sebelumnya Jamrud, Shaggydog, Nasida Ria, Candra Darusman and Friends, dan Endah N Rhesa Extended.

Di Lake Stage, tampil group SATCF, Scared of Bums, Joni Agung & Double T, RAN, Rocket Rockers, The Adams, dan ditutup penampilan Superman Is Dead. Di Forest Stage tampil Polka Wars, The PAPS, NOXA, White Shoes and The Couples Company, FSTVLST, Pee Wee Gaskins, dan Fourtwnty.

Di Gigs Stage tampil Logic Lost, Something Wrong, Tarrkam, Anti Squad, It’s Different Class, Southern Beach Terror, Seek Six Sick, dan The Sastro. pada XYZ Stage tampil Musicater, Manumata, Ramenggvrl, Bam Mastro, Dubyouth, dan Javabass. Sedangkan di District Stage menampilkan Nonaria, Deredia, Ubiet & Keroncong Tenggara, Tigapagi, Mondo Gascaro, Nosstress, Iwa K, dan ditutup oleh penampilan Diskopantera yang sekaligus menjadi penutup rangkaian Synchronize Festival 2018.

Photo by: Zasmi Arel


Advertisements

About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: