Event

Festival Imlek Nasional 2019 dimeriahkan oleh M-Girls dan Tarian Barongsai

GO-STAGE.com – Perhimpunan Tionghoa Kalimantan Barat Indonesia (PTK Indonesia) optimistis Festival Imlek Nasional 2019 yang digelar 7-10 Februari 2019 di Jakarta International Expo akan mampu menarik sedikitnya 50.000 pengunjung.

Festival Imlek Nasional 2019 (FIN 2019) diselenggarakan oleh Perhimpunan Tionghoa Kalimantan Barat Indonesia (PTK Indonesia) dengan dukungan Jakarta International Expo dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Februari 2019.

Menurut Ketua FIN 2019, Rudi Halim kegiatan ini tidak sekadar peristiwa budaya masyarakat Tionghoa namun menjadi ajang yang menarik bagi pelaku seni dan kebudayaan begitu pula masyarakat umum yang memiliki keingintahuan akan budaya Tionghoa dan kehidupan bermasyarakat Tionghoa Indonesia.

“Festival Imlek Nasional 2019 dilangsungkan pada 7 – 10 Februari mulai pukul 10.00 hingga 22.00, sementara hari terakhir 10 Februari dimulai mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Sebagai penutup akan ada penampilan M-Girls, grup musik perempuan asal Malaysia,” ujarnya, Sabtu (9/2).

M-Girls adalah grup musik perempuan asal Malaysia yang berkiblat pada girl band SHE asal Taiwan. M-Girls beranggotakan empat orang yang dibentuk pada akhir 2000, yang biasanya meluncurkan album-album Tahun Baru Imlek setiap tahun untuk masyarakat Tionghoa. M-Girls terdiri dari Queenz Cheng Koon Si, Angeline Khoo Yen Nee alias Ah Ni, Crystal Ong Shir Ching dan Cass Chin Yan Zi, yang berpisah pada 2005 untuk studi namun kemudian kembali lagi pada akhir 2012. Album mereka dijual di Malaysia, Singapura, China, Indonesia, Amerika Serikat dan beberapa bagian lainnya di dunia.

Festival Imlek Nasional 2019 memanjakan lidah para pengunjung dengan menyajikan ragam kuliner modern terkini yang disukai para pecinta kuliner. Para pecinta kuliner dapat menikmati beragam makanan di area food zone yang menyajikan mulai dari makanan khas tradisional Indonesia maupun Internasional dengan harga yang sangat terjangkau.

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan pergantian musim memasuki musim semi dan biasanya perayaan Imlek berakhir dengan perayaan Cap Go Meh pada hari kelima-belas, bulan pertama kalender Imlek.

Dalam FIN 2019 yang sarat bernuansa Nusantara karena diikuti 91 tenantdari berbagai daerah digelar pertunjukan musik dan pertunjukan tradisional Tiongkok seperti Parade Kostum, Barongsai dan Tari Naga yang akan ditutup dengan Musical Fireworkyang megah.

“Festival ini sangat bernuansa Nusantara karena tidak saja diikuti tenantdari Jabodetabek, justru yang menarik adalah nuansa Nusantara yang hadir karena sedikitnya ada 91tenantdari Kalimantan hingga Nusa Tenggara Tenggara,” tuturnya.

Selain memberikan pengalaman berbelanja aneka kerajinan dan kuliner, pengunjung juga berkesempatan memenangkan beragam doorprize termasuk satu unit mobil Wuling Conferro untuk pengunjung yang telah bertransaksi di area festival.

Untuk FIN 2019, Charles Honoris Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia memastikan penampilan maksimal dari kelompok barongsai terbaik. “Kelompok barongsai yang tampil di festival ini adalah kelompok elit di Indonesia bahkan dunia. Barongsai di Indonesia bisa dibilang cukup pesat dan bisa dilihat dari prestasi di kompetisi Barongsai tingkat dunia. Tim Indonesia bahkan mampu mengalahkan tim Barongsai dari China, tuan rumah budaya ini.

Sementara itu pihak PTK Indonesia akan menghadirkan tarian naga Liang Liong yang merupakan kolaborasi kelompok dari Tangerang dan Singkawang. Dari Tangeran diwakili 10 orang, sementara dari Singkawang berjumlah 20 orang.

Usai tampil di FIN 2019, seluruh naga yang dimainkan akan dibakar yang menandai ritual Cap Go Meh. Hal ini terkait kepercayaan naga merupakan makhluk dari kayangan maka setelah selesai Cap Go Meh mereka juga dikirim lagi ke kayangan dengan cara replika naga tersebut dibakar.

Menurut kepercayaan, warga Tionghoa, abu sisa pembakaran naga tersebut dipercaya bisa bermanfaat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Biasanya abu sisa pembakaran naga tersebut disimpan di tempat sembahyang dengan harapan bisa mendatangkan kebajikan dan menolak keburukan.

About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Copyright © 2019 GO-STAGE.com Email: info@go-stage.com