Edisi Music, Music News

Siap Digelar Java Jazz Festival 2016 Kembali Usung Tema Exploring Indonesia

Zasmi Arel_IMG_1401-0

GO-STAGE.com – Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2016 siap digelar, setidaknya itulah kepastian yang disampaikan oleh Dewi Gontha selaku Direktur PT. Java Festival Production pada kesempatan jumpa pers kedua yang digelar pada 2 Maret 2016 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta.

Dalam jumpa pers yang diawali dengan perform dari “New West Guitar Group” yang berasal dari Los Angelas, California ini, Dewi Gontha menyampaikan bahwa pada gelaran tahun ke-12 ini Java Jazz Festival (JJF) yang akan diselenggarakan pada 4,5,6 Maret 2016 dan mengambil tempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta kembali mengusung tema “Exploring Indonesia”. Sebagai perwujudan dari tema tersebut, Setelah sebelumnya mendaulat Batik dan Wayang serta Barong Bali sebagai tema desain, kali ini giliran budaya Toraja digunakan sebagai bagian dari tema desain untuk materi komunikasi acara dan juga beberapa desain yang dapat terlihat sebagai bagian dari acara. Membawa semangat bersyukur yang sama dengan masyarakat Toraja, tema JJF tahun ini bertujuan untuk mengedukasi para pengunjung untuk lebih mengenal budaya Indonesia.

Selain itu, JJF kali ini mencoba memperkenalkan budaya ramah terhadap lingkungan dan budaya mencintai kekayaan alam. Oleh karenanya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Bpk. Novrizal menyatakan mendukung JJF ini melalui project yang diberi nama “Less Waste More Jazz” sekaligus mempromosikan program “Ayo ke Taman Nasional”.

Seperti tahun sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta juga mendukung penuh penyelenggaraan JJF tahun ini. Catur Laswanto, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa JJF merupakan event tahunan yang paling ditunggu. Dari aspek pariwisata, ini merupakan destinasi yang sangat baik. Salah satu wujud dukungan yang diberikan oleh Pemda DKI Jakarta adalah dengan memberikan keringanan pajak. Jika tahun lalu 25%, maka tahun ini keringannya sampai 50%, disamping itu tentunya dukungan sarana dan prasarana transportasi menuju lokasi. Dengan event-event sekelas JJF diharapkan provinsi DKI Jakarta bisa menjadi kota yang bergengsi untuk penyelenggaraan festival sejenis yang berskala internasional.

Dukungan pihak keamanan tidak kalah baiknya. Hendro Pandowo selaku Kapolres Jakarta Pusat mengatakan bahwa Polda Metro Jaya akan mengamankan seluruh rangkaian acara festival JJF tahun ini. Jumlah personil yang disiapkan untuk mengawal JJF adalah sekitar 570 personil.

Bank BNI yang juga konsisten dari tahun ke tahun mensupport penyelenggaraan JJF melalui Direktur Konsumer Banking, Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan bahwa dukungan BNI terhadap JJF tanpa henti selama 12 tahun menunjukkan keyakinan korporasi terhadap event musik yang spesial ini sejak awal. Dukungan ini juga menjadi simbol gairah BNI dalam usaha menumbuhkkan industri kreatif di tanah air sejak lama. Tahun ini BNI bahkan dinobatkan sebagai Tittle Sponsor. Bagi BNI hal ini menjadi sebuah penghargaan yang nyata sebagai salah satu ikon dari industri perbankan yang juga peduli pada perkembangan musik di tanah air.

Dukungan penuh juga diberikan oleh pihak Garuda Indonesia. Dwi Wahyu P. Nugroho selaku Senior Manager Media dan Event PT. Garuda Indonesia mengatakan selaku official airline, Garuda Indonesia menyambut baik JJF karena mampu mengangkat nama Indonesia di dunia internasional. Beliau menambahkan bahwa Garuda Indonesia bangga menjadi bagian dari sponsor JJF. Dukungan nyata yang diberikan pihak Garuda adalah dengan memberikan kemudahan layanan penerbangan bagi para pengisi acara baik dari dalam maupun luar negeri yang akan terbang ke Jakarta.

PT. Java Festival Production menggandeng TRANSCORP dalam penyelenggaraan JJF tahun ini. Dony Oskaria selaku perwakilan dari Transcorp mengatakan bahwa Transcorp melakukan kerjasama dalam penyelenggaraan JJF karena mempunyai visi yang sama dalam menilai event JJF sebagai event yang mempunyai nilai yang sangat baik khususnya dari aspek pariwisata.

Dari sisi penjaminan asuransi pihak Avrist selaku official insurance juga siap mendukung penuh. Perry M. Diah selaku President Director Avrist mengatakan bahwa Avrist ingin memberikan rasa aman dan nyaman dengan memberikan perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan bagi semua peminat musik, mulai dari kru, musisi, hingga penonton dalam mengekspresikan passion mereka.

Paul Dean Mayer, selaku Direktur JJF menyampaikan bahwa David Foster, Sting dan beberap artis internasional lainnya dipastikan siap tampil di JJF 2016. Pada kesempatan itu Paul mengundang salah satu artis yang dibawa oleh official David Foster, Eric Benet. Eric merasa senang bisa tampil di JJF.

Pada JJF 2016 ini akan menyajikan beberapa proyek dan kolaborasi istimewa. Koordinator Program JJF, Ifa Fachir mengatakan pada gelaran JJF tahun ini akan tampil talent baru, diantaranya adalah Barasuara, Kunto Aji, Naif. Beberapa proyek istimewa yang akan disuguhkan diantaranya adalah BNI Project “Indonesian Duets”, dimana tujuh penyanyi Indonesia (Marcell, Andien, Teza Sumendra dan Dira Sugandi) akan mengajak penikmat musik untuk menelusuri mesin waktu lagu-lagu duet Indonesia dari masa ke masa. “Jazz on Broadway”, tiga penyanyi teater Indonesia (Andrea Miranda, Aimee Saras dan Lea Simanjuntak) akan menyuguhkan pertunjukkan teatrikal lagu-lagu jazz yang berasal dari panggung broadway bersama music director Ricky Lionardi dan Ron King Big Band. Lalu ada proyek “REPLAY feat Coboy, Lingua dan ME” yang akan mengajak para penonton untuk karaoke bersama. “Indonesian Songbook by Shadow Puppets & Harvey Malaihollo feat. Maera, Shelomita & Ron King Sextet” dan “Indonesian Real Book by Indonesian All Stars feat. Benny Mustofa, Benny Likumahuwa, Oele Pattiselano, Jeffrey Tahalele, Sam Panuwun, Kawim Suweileh, Yance Manusawa, Glen Dauna, Jopie Item, Andi Wiriantono Quartet & Margie Segers“.

Adapun kolaborasi istimewa yang akan tampil diantaranya adalah Chris Botti feat Sting, Patti Austin feat Jazz Orchestra of Concert Gebouw, Float feat Riza Arshad, Dian Pramana Poetra & Elfa’s SIngers feat Fariz RM, Endah n Rhesa feat Dialog Dini Hari, dan terakhir White Shoes & the Couples Company feat Sentimental Moods. Paul dan Ifa mengatakan bahwa total group yang akan tampil pada gelaran JJF tahun ini adalah untuk group manca negara berjumlah 40 group, sementara untuk group dalam negeri berjumlah 64 group band.

Dewi Gontha menambahkan bahwa festival ini dapat berjalan karena dukungan dari berbagai pihak. Dia mengucapkan terima kasih untuk seluruh sponsor, pemerintahan, supplier, dan vendor yang selalu memberikan dukungan, masukan dan ide segar untuk festival tahun ini. Dewi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh rekan media. Tanpa peran serta dari media JJF tidak akan berjalan sebaik ini. Peter Gontha menyampaikan bahwa penyelenggaraan JJF tahun ini juga menjawab tantangan dan pertanyaan beberapa artis mancanegara dan pihak luar dan sekaligus menjadi pembuktian bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi.

Terakhir turut diserahkan secara Tap Cash selaku kartu transaksi yang berlaku di arena festival JJF dari pihak BNI secara simbolik kepada pihak penyelenggara JJF yang diwakili Peter Gontha.

Zasmi Arel_IMG_1371-0 Zasmi Arel_IMG_1375-0 Zasmi Arel_IMG_1383-0 Zasmi Arel_IMG_1385-0 Zasmi Arel_IMG_1393-0 Zasmi Arel_IMG_1397-0Print

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: