Concert Review

SOULJAH: Konser Ulang Tahun Ke-19

SOULJAH – Photo by Zasmi Arel

GO-STAGE.com – Sabtu, 8 April 2017, group band SOULJAH menggelar pesta ulang tahun ke-19 mereka dalam balutan konser bertajuk “SOULJAH 19th Anniversary”, bertempat di Rolling Stone Cafe, Kemang, Jakarta.

Hari jadi mereka sebenarnya tanggal 4 April, namun group band yang tetap konsisten mengusung Aliran Jamaican Music dan bernaung di bawah label BAHAYA RECORDS ini memutuskan untuk merayakan pesta ulang tahunnya yang ke-19 tersebut pada hari Sabtu tanggal 8 April 2017.

Sejauh ini, SOULJAH telah menelurkan empat album, ‘Breaking The Roots (2005)’, ‘Bersamamu (2007)’, ‘Mestakung (2009)’, dan ‘This Is Souljah (2014)’ dengan banyak singlenya yang popular di kalangan pecinta musik Indonesia seperti ‘Jamaica’s Away’, ‘Ku Ingin Kau Mati Saja’, ‘I’m Free’, ‘Tak Selalu’, ‘Satu Frekuensi’, ‘Jatah Mantan’, ‘Bilang I Love You’ dan lagu-lagu lainnya, merupakan bentuk dari komitmen mereka untuk terus berkarya di industri musik tanah air.

Pesta perayaan ultah SOULJAH ke-19 malam itu dikemas dengan konsep “Konser Intim” dengan tema Playfull. Konsep intim ini jelas terlihat, dimana tidak ada pembatas antara SOULJAH dan Bradda Souljah (sebutan fans SOULJAH). Para Bradda Souljah bebas bernyanyi dan melipir hingga ke bibir panggung dan berpoto bersama dengan personil SOULJAH. Duo vokalis SOULJAH, Danar dan Said, tidak mau menyia-nyiaka keintiman yang tercipta. Mereka silih berganti memacu emosi fans-nya dengan mengajak bradda souljah untuk bernyanyi bersama. Suasana semakin intim manakala dipertengahan konser Said turun dari panggung berbaur dan bernyanyi ditengah-tengah Bradda Souljah. Begitu juga mendekati penghujung konser, Said lagi-lagi memainkan emosi penonton dengan menarik salah satu Bradda Souljah cewek untuk naik ke panggung.

Konser ini adalah satu dari banyak ide kreatif SOULJAH, di tahun ini juga SOULJAH akan membuat 17 video klip dari seluruh lagu dalam Album THIS IS SOULJAH yang sampai bulan maret ini sudah terealisasikan 9 video klip. Ide ini sekaligus menempatkan SOULJAH saat ini sebagai satu-satunya band Indonesia yang membuat full video klip untuk lagu-lagunya dalam satu album.

BAHAYA RECORDS selaku record label SOULJAH sangat antusias dan telah mempersiapkan event ini sejak awal tahun. Banyak ide dan konsep dipersiapkan dengan matang seperti mengadakan kuis di akun instagram @souljahmusik, lomba design baju bertemakan ulang tahun SOULJAH dan juga lomba foto yang tentunya terkait dengan acara puncak malam itu.

Dalam Konser bertajuk Playfull ini SOULJAH  membawakan lagu-lagu yang tidak pernah dibawakan pada konser-konser mereka biasanya. Sekitar 15 lagu yang mereka bawakan malam itu, dibuka dengan ‘Mars Bradda Souljah’, ‘Mars Jangkrik’, kemudian lagu ‘Belong I Love You’ dan ‘Ku Ingin Kau Mati’ dimainkan SOULJAH pada bagian pembuka konser. Selanjutnya berturut-turut lagu ‘Sorry’, ‘Winter Heart’, dan ‘Jagoanku’.

SOULJAH juga turut mengundang beberapa artis/musisi yang akan berkolaborasi dengan mereka.Seperti pada lagu berikutnya ‘Bersamamu’, SOULJAH berkolaborasi dengan salah satu bintang jebolan program Rising Star Indonesia, Bening Ayu, yang memang mempunyai talenta dan senang membawakan lagu beraliran ska dan reggae. Begitu juga di lagu ‘Come On Eilleen’ dan ‘Jamaica’s Away’, SOULJAH memanggil dua personil yang pernah bergabung dengan SOULJAH untuk main bersama.

Acara konser ini semakin meriah dengan adanya sesi potong kue serta slide kejutan buat beberapa personil SOULJAH. Pada sesi potong kue, SOULJAH berbaur dengan Bradda Souljah serta dengan Management BAHAYA RECORDS, sementara pada sesi video slide kejutan ditampilkan komentar dari keluarga dekat beberapa personil SOULJAH yang menyampaikan doa serta harapan mereka untuk kesuksesan SOULJAH.

Suasana konser semakin heboh manakala ketika lagu ‘PHP’ dimainkan SOULJAH turut mengundang Aldi Martens untuk berjoget solo di atas panggung. Entah memang latah, yang pasti Aldi berjoget beberapa kali mengikuti irama musik yang dimainkan para personil SOULJAH. Selanjutnya lagu ‘Abidin’ dan ‘Jatah Mantan’ dibawakan secara medly, lalu diteruskan dengan lagu ‘I’m Free’, dan ‘Tak Selalu’.

Disamping berkolaborasi dengan Bening Ayu, dua mantan personilnya, serta Aldi Martens, konser SOULJAH 19th Anniversary malam itu juga turut menampilkan beberapa group band lainnya, yaitu Weekenders Agogo, Bigwave, dan Gangstarasta. Mereka tentunya memainkan lagu mereka masing-masing.

Konser malam itu ditutup dengan penampilan seluruh performan yang bernyanyi bersama dengan SOULJAH dengan lagu ‘One Love’. Sukses terus untuk SOULJAH!

Photo by: Zasmi Arel dan Eddy Edot

WEEKENDERS AGOGO – Photo by Zasmi Arel

WEEKENDERS AGOGO – Photo by Zasmi Arel

SYDERA – Photo by Zasmi Arel

SYDERA – Photo by Eddy Edot

SYDERA – Photo by Eddy Edot

BIG WAVE – Photo by Zasmi Arel

BIG WAVE – Photo by Zasmi Arel

BIG WAVE – Photo by Eddy Edot

GANGSTARASTA – Photo by Zasmi Arel

GANGSTARASTA – Photo by Eddy Edot

GANGSTARASTA – Photo by Eddy Edot

SOULJAH – Photo by Eddy Edot

SOULJAH – Photo by Eddy Edot

SOULJAH feat BENING AYU – Photo by Zasmi Arel

SOULJAH – Photo by Zasmi Arel

SOULJAH feat ALDI MARTENS – Photo by Zasmi Arel

SOULJAH – Photo by Eddy Edot

SOULJAH – Photo by Zasmi Arel

 

 

Advertisements

About Zasmi Arel

Music, Event, Traveling Photographer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: