Concerts Review

Perjalanan Karya Yovie Widianto di Konser Inspirasi Cinta Yovie and His Friends

GO-STAGE.com – Konser special Inspirasi Cinta Yovie and His Friend persembahan BRITAMA BRI berlangsung meriah dan sukses pada 7 November 2018 bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Konser dibuka sekitar pukul 20.45 WIB dengan pembawa acara Sophia Latjuba dalam balutan gaun putih. Ia membacakan beberapa pencapaian tertinggi Yovie selama berkarier di industri musik. Kemudian disambung dengan penayangan video pendapat beberapa sahabat tentang Yovie Widyanto.

Diawali dengan Addie MS, komposer musik tanah air ini mengatakan bahwa Yovie adalah seorang yang Yovie bisa katakan sebagai icon musik Indonesia. Addie MS juga melihat Yovie sebagai sosok yang tidak biasa, bukan hanya mempunyai talenta musik tetapi juga concern terhadap bangsa, bagaimana memajukan bangsa melalui seni budaya. Meskipun Yovie lebih muda, Addie MS menaruh respect buat Yovie.

Atalia Praratya, istri orang nomor satu di Jawa Barat (Bpk. Ridwal Kamil) mengungkapkan pendapatnya. Dimata Atalia, Yovie memiliki talenta musik yang di atas rata-rata, terutama dalam urusan menciptakan lagu. Pernah di satu kesempatan konser di Baruga Bandung, Yovie menantang penonton untuk menyebutkan satu kata untuk kemudian akan dia jadiakn sebuah lagu. Waktu itu kata yang terlontar adalah “Jomblo”, dan saat itu juga Yovie mampu menciptakan sebuah lagu yang begitu indah dari kata tersebut.

Lain lagi cerita Kang Bedi, teman kecil sekaligus Manager Yovie. Ia mengatakan pernah suatu waktu Yovie masuk studio, tutup pintu, dan beberapa saat kemudian sudah menciptakan sebuah lagu yang bagus. Hal itulah yang membuat Kang Bedi berani mengatakan bahwa Yovie adalah seorang musisi genius.

Tak ketinggalan komentar dari salah satu musisi manca negara, Rick Price. Ia juga sangat mengagumi kepiawaian dan kegeniusan Yovie yang mampu menciptakan sebuah lagu dalam waktu yang singkat, dan lagu yang diciptakannya tidak hanya sekedar lagu tapi tetap memiliki lirik yang indah.

Setelah penanyangan video pendapat dari beberapa musisi dan sahabat tersebut diputar beberapa lagu populer Yovie Widianto seperti “Lebih Dekat Denganmu (Juwita)”, “Untukku”, dan “Takkan Terganti” di-medley dan dibuat tampak meriah sebagai intro jelang penampil pembuka. Begitu usai tidag lagu tersebut layar pun diturunkan. Yovie Widianto tampil dan duduk di belakang pianonya disambut tepuk sorak penonton. Diiringi musisi pendukung Yovie memainkan beberapa bait dari lagu-lagu ciptaannya dalam balutan musik instrumental. Sempat ada 5Romeo membawakan sepenggal lagu “Ada Cinta” dengan tempo cepat.

Konser Inspirasi Cinta Yovie and His Friends malam itu menghadirkan Kahitna, Rossa, Yovie & Nuno, Tulus, Glenn Fredly, BCL, Hivi!, 5Romeo, Arsy Widianto, dan Brisia Jodie. Namun malam itu Yovie membuat kejutan. Artis yang tampil mengawali konser malam itu justru bukan dari salah satu line up yang sudah ditentukan. Malam itu konser dibuka dengan aksi panggung Marcell Siahaan, membawakan lagu “Peri Cintaku”. Yovie mengatakan lagu ini memiliki kenangan tersendiri buat Marcell. Marcell adalah tamu spesial. Ia tak ada dalam daftar penampil tetapi menyempatkan diri untuk tampil demi Yovie.

Pada pembukaan ini Marcell tidak banyak bicara, selesai tampil ia pamit berganti panggung dengan Glenn Fredly. Disambut sorak penonton, Glenn malam itu mengawali penampilannya dengan membawakan dua lagu “Satu Mimpiku” dan “Cukup Sudah”.

Alur konser malam itu dibuat sedemikian rupa dan mengalir dengan penampilan artis dan pemilihan lagu yang silih berganti. Dalam hal ini Yovie bertindak langsung sebagai narator dan sebagai penjembatani aksi panggung para musisi. Solois tanah air yang lagi naik daun, Tulus, pada kesempatan pertamanya tampil membawakan lagu “Takkan Terganti”. Suara renyah Tulus disambut dengan nyanyian massal penonton.

Setelah Tulus, tampil berikutnya adalah HIVI. Malam itu HIVI mengawali penampilannya dengan membawakan lagu “Andai Dia Tahu”. dilanjutkan dengan lagu “Bila Kuingat” yang pernah populer dibawakan group Lingua. Setelah penampilan apik dari HIVI, Yovie memanggil penyanyi muda berbakat yang tidak lain adalah putra kandungannya sendiri, Arsy Widianto.

Arsy malam itu menyanyikan sebuah lagu yang dipopulerkan oleh Hedi Yunus, “Suratku”. Menariknya, pada pertengahan lagu muncul penyanyi aslinya Hedi Yunus bergabung dan berduet dengan Arsy. Di bait akhir lagu tersebut Hedi membuat sedikit improvisasi dengan mengubah mengubahnya dengan kalimat “walau kau delate whattsap ku”. Hal ini sontak membuat penonton tertawa.

Setelah duet Arsy dan Hedi, giliran Arsy berduet dengan penyanyi muda berbakat jebolan Indonesian Idol, Brisia Jodie. Mereka tampil membawakan lagu “Soulmate”. Tingkah pola Jodie yang sedikit nakal kepada Arsy membuat gelak tawa penonton. Kemudian Yovie kembali memanggil Tulus. Kali ini Yovie ingin Tulus membawakan lagu bernuansa minang “Rantau”. Lagu ini menceritakan tentang seorang cowok yang ingin pergi merantau dan berjanji setia tidak akan selingkuh kepada pasangannya. Penampilan Tulus pada lagu ini dipadukan dengan penampilan dari Kahitna dengan lagu “Lajeungan”. Jadilah perpaduan antara suara Tulus yang berat dengan tampilan energik Kahitna.

Pada kesempatan berikutnya trio Kahitna mencoba mengungkapkan pendapatnya tentang Yovie Widianto. Bagi Kahitna Yovie Widianto adalah contoh seorang pemimpin yang sangat humble, enak diajak curhat, dan sangat bijaksana dan bikin semua personil Kahitna nyaman. tu juga yang membuat kenapa Kahitna bisa bertahan sedemikian lama. Setelah masing-masing personil Kahitna mengeluarkan pendapatnya tentang Yovie, Kahitna pun membawakan lagu yang sudah sangat popular “Tentang Diriku” dan juga lagu tentang mereka “Gara Gara Kahitna” yang sempat dipopulerkan oleh group Project Pop.

Kemudian Yovie kembali memanggil putra kandungannya Arsy Widianto untuk tampil. Kali ini Arsy berduet kembali dengan Brisia Jodie, membawakan lagu duet mereka sendiri “Dengan Caraku”. Bagi Yovie pencapaian duet ini sangat menakjubkan, dalam waktu lima bulan dirilis di youtube, lagu ini sudah mendapatkan viewer yang sangat fantastis dengan lebih 40 juta viewer.

Setelah Yovie memanggil sahabatnya dan seorang diva, Bunga Citra Lestari. Malam itu BCL diminta Yovie membawakan lagu yang sangat melankolis “Merenda Kasih” dipadu dengan lagu “Aku, Dirimu, Dirinya”. Lagu ini memang sangat cocok dengan karaktek vocal BCL.

Marcell Siahaan rupanya tidak hanya tampil pembuka. Yovie kembali menampilkan penyanyi pelontos tersebut. Ia mengawali dengan permainan solo drum. Setelahnya Marcell membawakan salah satu lagu ciptaan Yovie yang dipopulerkan oleh Yovie & Nuno “Indah Kulihat Dirimu”. Dilagu ini Marcell dinobat berkolaborasi dengan personil Yovie & Nuno yang disambung dengan lagu melo “Sakit Hati”.

Dalam konser malam itu secara mengejutkan Yovie membuat pengumuman yang sangat penting untuk Yovie & Nuno. Setelah 17 tahun bersama dengan group yang dikomandoinya tersebut Yovie memutuskan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir ia bersama dengan Yovie & Nuno. Selanjutnya ia akan berperan sebagai produser buat Yovie & Nuno. Malam itu Yovie juga menampilkan salah satu personil Yovie & Nuno, Dudy Oris, yang sekarang memutuskan untuk bersolo karier. Bersama Dudy, kemudian mereka sama-sama membawakan lagu yang sangat sangat bersejarah buat Yovie & Nuno karena menyabet 27 platinum award untuk albumnya, “Menjaga Hati”.

Setelah penampilan lengkap dari personil dan mantan personil Yovie & Nuno, giliran dua diva tanah air yang tampil, Rossa dan Bunga Citra Lestari. Dua diva ini membawakan lagu “Dia Milikku”. Kemudian Rossa tampil sendiri membawakan lagu ciptaan Yovie yang dipopulerkan oleh Rio Febrian “Bukan Untukku”.

Malam itu Yovie juga mendapatkan tantangan untuk membuat lagu dengan menggunakan dua nada dan empat kata yang dipilih oleh penonton, satu kata dari sosial media dan tiga kata dari penonton di JCC. Didapatlah kata hujan, garuk, lapar, dan lelah. Sementara nada yang dipilih oleh penonton adalah do dan sol. Dari empat kata dan dua nada ini secara cepat dan menakjubkan Yovie dibantu Glenn Fredly akhirnya bisa menciptakan satu lagu yang romantis.

Setelah sesi tantangan penciptaan lagu yang begitu menakjubkan dari Yovie Widianto, tampil Kahitna berkolaborasi dengan 5 Romeo membawakan lagu “Harus Bahagia”. Kemudian disambung Glenn Fredly yang dalam kolaborasinya dengan Kahitna membawakan lagu “Cerita Cinta”. Lalu kembali Tulus dipanggil Yovie membawakan lagu yang cukup fenomenal “Mantan Terindah”. Konser Inspirasi Cinta Yovie and His Friend malam itu ditutup dengan gempita oleh penampilan Kahitna diikuti oleh seluruh artis pendukung lewat lagu “Cantik”.

Photo by: Zasmi Arel


Advertisements

About Admin

Music, Event, Traveling & Lifestyle News and Photography

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: